Sabtu, 16 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tingkatkan Konsentrasi, Ini 3 Posisi Nyaman Mengemudi Mobil

Oleh Tirta Gufrianto , dalam LifeStyle , pada Rabu, 6 Oktober 2021 | 04:05 AM Tag: ,
  Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Hargo.co.id, JAKARTA – Mengendarai mobil merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Meski begitu, pengemudi harus memperhatikan posisi berkendara yang benar agar bisa memberikan kenyamanan saat di jalan.

Sebab, bila cara posisi mengemudi sudah benar bisa meningkatkan konsentrasi, mengurangi keletihan, bahkan menghindari kecelakaan.

Asst. To Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi mengatakan berkendara harus diimbangi dengan peregangan otot dan postur tubuh yang benar.

Menurut dia ada tiga langkah yang harus diperhatikan ketika ingin berkendara baik jarak jauh maupun dekat.

Berikut tiga langkah posisi ketika ingin mengendarai mobil:

1. Posisi Duduk

Caranya, mengatur posisi sandaran kursi agar berada pada posisi yang tepat, tetapi tetap rileks. Pastikan posisi tangan dan kaki tetap bebas bergerak ketika berkendara.

Selain itu, perhatikan juga jangkauan penglihatan mata ke area exterior mirror, interior mirror, maupun blind spot area dapat terpantau jelas ketika pengendara sedang mengatur posisi kursi.

2. Posisi Kepala

Pastikan posisi headrest kursi sesuai dengan tinggi kepala pengemudi. Kemudian pastikan posisi kepala tegak sejajar dengan bahu agar konsentrasi dan pandangan ke arah depan kendaraan tidak terganggu.

Tinggi headrest yang tepat dapat melindungi kepala dan leher pengendara apabila terjadi benturan keras akibat kecelakaan.

3. Posisi Tangan

Posisi tangan juga harus diperhatikan agar tetap bebas bergerak dan rileks. Ketika memegang kemudi, baiknya ibu jari berada di luar genggaman 4 jari Anda agar terhindar dari cedera ketika menggenggam lingkar kemudi secara penuh.

Posisi tangan ketika menggenggam lingkar kemudi juga dianjurkan pada posisi arah pukul 9 dan arah pukul 3.

Selalu gunakan kedua tangan ketika memegang lingkar kemudi untuk menjaga refleks bermanuver dan juga demi keselamatan. (JPNN.com)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “3 Kiat Posisi Mengemudi mobil yang Nyaman“. Pada edisi Selasa, 05 Oktober 2021.
(Visited 29 times, 1 visits today)

Komentar