Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Penempatan Guru Harus Merata

-

Hargo.co.id, GORONTALO – Guna meningkatkan kualitas pendidikan anak sekolah dan memikirkan nasib guru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) diharap bisa menempatkan guru secara merata. Selain itu, juga memikirkan jarak tempuh guru dengan lokasi mengajar.

Ini terungkap dan menjadi harapan Komisi ll DPRD Kabupaten Gorontalo saat melakukan rapat koordinasi dengan Dikbud, di Aula Dulohupa DPRD Kabgor, Rabu (15/01/2020). Menurut Ketua Komisi ll Ali Polapa, pemerataan guru sangat perlu dilakukan, terutama bagi sekolah-sekolah terpencil yang justru kekurangan guru.

“Yang ada guru hanya bertumpuk di sekolah-sekolah yang bisa dijangkau saja. Sementara di desa terpencil guru-gurunya tak sampai 10 orang. Padahal, di wilayah terpencil tersebut yang sangat membutuhkan asupan pendidikan dengan kualitas pendidikan yang harus lebih baik dibandingkan dengan sekolah-sekolah yang ada di pusat desa atau pusat kecamatan,” ungkap Ali Polapa.

Menurutnya, saat ini banyak guru yang ogah ditempatkan di desa terpencil, sementara saat disumpah mengaku siap ditempatkan di mana saja.

Sorotan terhadap dunia pendidikan juga dilontarkan Anggota Komisi II, Rusli Panigoro. Menurutnya, untuk penempatan guru sebaiknya dilihat juga jarak rumah dan sekolah. Menurutnya, saat ini ada guru yang tinggal di Pulubala, namun mengajar di Limboto. Ada juga yang tinggal di Batudaa Cs, namun mengajarnya di Boliyohuto Cs.

“Padahal seperti kita tahu bersama kondisi guru itu sendiri, bukan saja berat di ongkos, tetapi juga rentang jarak dari rumah menuju lokasi kerja. Jika lokasi kerja dan rumah yang begitu jauh dipastikan akan berimbas pada pembelajaran nanti yang akan diterima siswa,” jelas Rusli Panigoro.

Politisi PPP ini berharap, kedepan pemerintah dalam hal ini Dikbud dalam menempatkan guru harus melihat jarak rumah dan sekolah sebagai lokasi mengajarnya.

“Ada baiknya jika rumahnya berada di wilayah Tibawa, bisa ditempatkan di Tibawa dan juga lainnya,” harapnya. (wie/adv/hg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *