Sabtu, 26 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tingkatkan PAD, Ini yang Harus Dilakukan Pemerintah

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Kab. Gorontalo Utara Legislatif , pada Selasa, 18 Februari 2020 | 18:30 WITA Tag:
  Pansus I yang didampingi langsung oleh pimpinan DPRD saat bertemu dengan pemerintah daerah Lebak terkait dengan peningkatan pendapatan daerah dari sektor pajak. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Ada sejumlah hal yang perlu dilakukan guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak di Gorontalo Utara (Gorut). Langkah itu ditemukan setelah Pansus I DPRD Gorut berburu referensi di Kabupaten Lebak, Banten.

Penjelasan yang disampaikan oleh Ketua Pansus I, Matran Lasunte sesuai studi lapangan yang dilaksanakan di Lebak. Menurutnya, upaya peningkatan PAD dari sektor pajak sudah maksimal.

BACA  Wisata Alam Meranti  Layak Dijual ke Luar

“Namun, yang perlu dilakukan yakni urusan pendapatan daerah itu dibuatkan organisasi sendiri, dipisahkan urusannya dari dinas lainnya,” ungkapnya.

Menurutnya, di Gorut dapat diaplikasikan hal tersebut, hanya saja tentu ada konsekuensinya. Baik dari sisi infrastruktur maupun anggaran serta pemenuhan atas sumber daya manusia yang akan ditempatkan di dinas yang baru tersebut.

BACA  MTQ Diharapkan Lahirkan Qori dan Qoriah yang Berkualitas

Selain itu juga untuk mendukung pemaksimalan dari pajak tersebut, daerah telah membeli alat untuk dipasang di setiap lokasi yang menjadi potensi pajak kemudian terkoneksi dengan aplikasi.

BACA  Pemerintah Harus Lebih Serius Perhatikan Pelaku UMKM

“Sehingga setiap transaksi yang dilakukan semuanya dilakukan secara transparan dan diketahui,” tegasnya.

Olehnya, apa yang ditemui di daerah lain tersebut tentu akan menjadi pertimbangan dan masukan bagi kami dalam rangka memaksimalkan Ranperda yang tengah dibahas dengan memperhatikan berbagai macam aspek. (abk/adv/hg)


Komentar