Selasa, 19 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tingkatkan Peran dan Fungsinya Posyandu

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Selasa, 28 September 2021 | 20:06 PM Tag: ,
  Penghargaan Dharma Karya Kencana yang diterima oleh Ketua TP-PKK Gorut, Reni Yasin Hiola. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Dalam melaksanakan program Posyandu, harus ada komitmen bersama sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Reni Yasin Hiola, terlebih kelompok kerja operasional (pokjanal). 

“Pokjanal ini melibatkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan untuk itu harus lebih memiliki program kegiatan yang pasti walaupun memang ditengah kesibukan,” ungkapnya.

Reni berharap agar Pokjanal masih memiliki waktu untuk memecahkan masalah Posyandu, karena di Kabupaten, Pokjanal berjenjang mulai dari Kabupaten, kecamatan dan desa. 

“Agar Posyandu kita terus tumbuh dan berkembang sesuai dengan dinamika yang ada, maka Pokjanal harus dikuatkan” kata Reni.

Lebih lanjut dikatakan bahwa peran dan fungsi Posyandu harus ditaingkatkan, Posyandu tidak hanya hanya dilaksanakan untuk pelayanan kesehatan tetapi juga pelayanan multi sektor dan multi dimensi, jadi multi kegiatan bisa ada di posyandu, termasuk peningkatan ekonomi keluarga. 

“Dan juga tentunya diharapkan kepada semua dapat berkontribusi menurunkan angka stunting di daerah ini, termasuk kader PKK,” tegasnya.

Sesuai dengan Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Posyandu adalah wadah pemberdayaan masyarakat berbentuk Lembaga Kemasyarakatan Desa/ Kelurahan (LKD) yang diprakarsai oleh masyarakat dan dikelola oleh masyarakat bersama pemerintah desa/ kelurahan guna memberikan kemudahan memperoleh pelayanan kesehatan masyarakat, dengan kepengurusan Posyandu yang ditetapkan oleh Kepala Desa. 

“Kita berharap sekali lagi kepada pokjanal pertama kali outputnya adalah kita punya komitmen menguatkan pokjanal di tingkat kecamatan dan desa,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 9 times, 1 visits today)

Komentar