Kamis, 15 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tingkatkan Sinergitas SDE, Sekdaprov Gorontalo Ikuti Sosialisasi Pemetaan Urusan Pemda

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Sabtu, 7 November 2020 | 16:05 WITA Tag:
  Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba saat mengikuti pertemuan sosialisasi terkait penerapan pemetaan urusan pemerintah daerah dalam rangka kerjasama daerah di Provinsi Gorontalo secara virtual melalui video konferensi, Jumat (6/11/2020). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba mengikuti pertemuan sosialisasi terkait penerapan pemetaan urusan pemerintah daerah dalam rangka kerjasama daerah di Provinsi Gorontalo yang diselenggarakan oleh National Support for Local Investment Climates/National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSLIC/NSELRED) dengan Kementerian PPN/Bappenas RI secara virtual melalui video konferensi, Jumat (6/11/2020).

Ditemui usai pertemuan tersebut, Sekda Darda mengatakan, kegiatan ini tidak lain untuk mensinergikan dan meningkatkan kerjasama antara pelaku dan pengelola sumber daya ekonomi daerah.

BACA  WHO Akui Lab Uji Covid-19 BPOM Gorontalo Berstandar Internasional

Ia menjelaskan, kerjasama daerah ini sangat penting dalam upaya transformasi ekonomi yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan perekonomian daerah. Pada praktiknya nanti, kerja sama daerah akan memanfaatkan sumber daya lokal secara sinergis dan meningkatkan kerja sama antar pelaku dalam pengelolaan sumber daya ekonomi daerah khusunya di Gorontalo.

Selain efektif dalam memfasilitasi pengembangan dan pertumbuhan ekonomi daerah, dan juga sejalan dengan prioritas pemerintah, membangun kerjasama daerah juga sangat penting di masa pandemi COVID-19.

BACA  Sekdaprov Gorontalo Apresiasi Kinerja OPD yang Lampaui Target

“Sosialisasi ini sangat penting, karena harapan pemerintah provinsi khususnya di masa pandemi saat ini, sangat membutuhkan kerjasama yang baik, agar sumber daya kita yang selama ini terbelenggu akan lebih optimal,” ungkap Darda.

Sekda juga mengungkapkan, pencapaian tujuan kerjasama secara maksimal ini juga memerlukan kelembagaan yang sudah terkoordinasi ditingkatan pemerintah daerah, sebagaimana tercantum pada Permendagri nomor 22 tahun 2020 tentang tim koordinasi kerjasama daerah yang diketuai oleh sekretaris daerah dan dibantu oleh OPD terkait. Tim ini nantinya memiliki tugas meningkatkan dan mensinergikan di sisi perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi kerjasama di daerah.

BACA  Ini Alasan Rusli Habibie Minta Beras Luar Daerah Tidak Masuk Gorontalo

“Kolaborasi dan kemitraan sangat penting dilakukan dimasa sekarang ini, karena pembangunan yang berkelanjutan bahkan agenda global 2030 terkait dengan sustainable development goals (SDGs) kemitraan menjadi salah satu tujuan dalam 17 goals SDGs. Untuk itu, kedepan Pemprov Gorontalo perlu merespon permendagri tersebut dengan membentuk tim koordinasi kerja sama daerah,” tandasnya.(zul/adv/hargo)


Komentar