Sabtu, 6 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tips! Ini Pertolongan Pertama Jika Mimisan

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Rabu, 21 Desember 2016 | 14:43 WITA Tag: , , ,
  


Hargo.co.id –Mimisan atau pendarahan dari hidung sering terjadi tiba-tiba. Hal ini merepotkan saat Anda berada di luar rumah dan sedang menjalankan aktivitas. Selama ini daun sirih dikenal sebagai pertolongan pertama dari bahan herbal yang paling ampuh untuk menghentikan darah mimisan.

Namun Boldsky, Selasa (201/2), memiliki banyak resep rumahan yang dapat menjadi pertolongan pertama saat mimisan menyerang. Mimisan dapat berkisar dari ringan sampai parah antara beberapa detik hingga 10-15 menit.

Dalam kasus mimisan parah orang cenderung pusing, lemah dan beberapa dari mereka pingsan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mimisan, salah satunya kekeringan ekstrim dari membran hidung. Faktor lainnya yaitu, reaksi alergi, reaksi kimia, bersin terus menerus, merokok berlebihan dan penggunaan alkohol.

BACA  Sehatkan Ginjal, Berikut 9 Manfaat Ajaib Daun Seledri

Kekurangan gizi, perubahan hormonal, tekanan darah tinggi dan infeksi saluran pernapasan atas adalah faktor-faktor lain beberapa yang menyebabkan mimisan. Hidung berdarah sekali atau dua kali baik-baik saja, tetapi ketika itu sering terjadi, hal itu berbahaya. Segera hubungi dokter dan obati dengan enam cara ini.

Pertahankan Kepala Tetap di Posisi Atas

BACA  Ini Dia 7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Otak

Tetap pertahankan kepala di posisi menghadap ke atas. Hal ini dapat menghentikan darah dengan cepat.

Kompres dengan Es Batu

Ambil es batu dan bungkus dengan handuk kecil. Tekan di bagian dalam hidung pertahankan hingga 5 menit. Cara ini dapat menghentikan pendarahan.

Cuka Apel

Ambil cuka apel lalu gosokan dengan kapas ke bagian hidung. Diamkan 5-7 menit untuk menghentikan pendarahan.

BACA  Ini 3 Metode Melahirkan untuk Mengurangi Rasa Sakit, Ibu Hamil Perlu Terapkan

Bawang Merah

Bawang merah salah satu yang terbaik untuk menghentikan pendarahan. Ambil sepotong bawang dan cium aromanya.

Ketumbar

Ketumbar membantu memberikan efek menenangkan pada saraf. Ambil beberapa daun ketumbar, hancurkan hingga halus. Oleskan pada dahi Anda selama 5-7 menit. Ini memberikan efek pendinginan dan menghentikan perdarahan.

Daun Kemangi

Kemangi memberikan efek menenangkan pada saraf. Ambil beberapa daun kemangi, cuci dengan benar dan kemudian kunyah. Hal ini menghentikan pendarahan. (Fajar/JPG/hargo)


Komentar