Senin, 25 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tips Jalani Puasa Ala Samir Nasri

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Sportivo , pada Kamis, 24 Mei 2018 | 22:04 WITA Tag: , ,
  Samir Nasri - Anara Atanes (telegraph.co.uk)


Hargo.co.id – Pesepakbola Eropa yang satu ini pastilah sudah tidak asing lagi. Samir Nasri, pemain yang lahir di Marseille, Perancis, 26 Juni 1987 adalah pemain sepak bola profesional Perancis yang kini bermain untuk klub Turki Antalyaspor.

Berposisi sebagai gelandang serang dan pemain sayap, serta kadang juga ditempatkan di lini tengah. Nasri ternyata cukup dikenal karena kemampuan teknisnya, kreativitas, kecepatan, dan kemampuan membaca permainan.

Dari keturunan Aljazair, ia digambarkan sebagai pemain yang visi dan imajinasinya membuat lawan tak menduga gayanya bermain, dan kemampuan. Bahkan banyak yang membandingkan nasri dengan legenda Prancis Zinedine Zidane.

Namun bukan persoalan karir yang kali ini akan dibahas tentang Samir Nasri, melainkan sisi lain diluar lapangan hijau terlebih menyangkut bulan puasa. Di bulan Ramadhan, Samir Nasri mengaku akan fokus menjalankan ibadah puasanya.

BACA  Disedot Tak Ada Hasil, Genangan Air di Simpang Empat BRI Andalas Terus Disorot

Namun Nasri punya cerita menarik dalam menjalani ibadah puasa ketika dirinya masih berseragam City. Sempat menjalani karir di Liga Premier Inggris bersama Manchester City, Samir Nasri mengakui bahwa menjalani ibadah puasa sebagai pemain Liga Inggris sangatlah berat.

Sangat jauh berbeda dengan di liga manapun termasuk La Liga Spanyol. Padatnya jadwal latihan dan kompetisi serta ketatnya prsaingan di EPL membuat banyak pemain muslim yang tidak kuat. Dilansir dari media arab yang dalam sebuah artikel berjudul, “Pemain Liga Inggris Banyak Yang Tidak Puasa”, Nasri pun membenarkannya.

Bahkan Nasri mengaku dirinya sempat diberikan pilihan oleh sang manajer. Nasri saat itu diberi pilihan apakah dirinya ingin fokus bermain atau lebih ingin fokus menjalankan ibadah puasa. Jika sang pemain tidak ingin ibadahnya terganggu maka Nasri diminta untuk tidak bermain terlebih dahulu sepanjang bulan puasa.

BACA  Diduga Habis Nyabu, Pria di Gorontalo Diamankan Polisi

Sebab dikhawatirkan performa akan menjadi tidak maksimal jika sang pemain merasa kekurangan tenaga serta cairan tubuh. Pria berkebangsaan Perancis itu pun menegaskan dengan pernyataannya dalam sebuah wawancara, Islam memberikan beberapa kemudahan bagi penganutnya.

Saya seorang pemain bola yang tidak memungkinkan untuk berpuasa ketika Ramadhan. Jadi terkadang jika harus menjalani pertandingan bertensi tinggi, saya tidak berpuasa. ujar Nasri. Puasa bukan berarti alasan bagi kita untuk bermalas-malasan dan menghindari aktifitas fisik seperti biasanya.

Apalagi bagi orang-orang yang berprofesi sebagai atlet proesional, aktivitas fisik merupakan wajib hukumnya yang tidak bisa dihindari meskipun sedang puasa. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak mengurangi kegiatan olahraga meskipun sedang menjalankan ibadah puasa ramadhan.

BACA  Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Jokowi Bilang Begini

Kadang dengan berubahnya jam makan kita pada saat bulan ramadhan, otomatis jam biologis tubuh juga akan berubah. Inilah yang menyebabkan mengapa banyak orang yang justru bertambah gemuk usai menjalankan Puasa Ramadhan. Oleh karena itu, berolahraga tetap dianjurkan meski sedang menjalankan ibadah puasa ramadhan.

Namun bagaimana mengakali agar kita bisa tetap berolahraga tanpa membatalkan puasa? Berikut adalah tips Nasri agar tetap bisa berolahraga di bulan puasa:

  • Olahraga Sebelum Buka Puasa
  • Oahraga Sebelum Sahur
  • Potong Durasi Olahraga
  • Hindari Olahraga Yang Membatalkan Puasa
  • Jangan Anggap Olahraga Sebagai Beban
  • Pilih Tempat Olahraga Yang Sejuk
  • Jangan Olahraga Sebelum Tidur
  • Penuhi Kebutuhan Cairan Saat Buka dan Sahur
  • Imbangi dengan Pola Makan
  • Olahraga Sesuai Kemampuan

Komentar