Sabtu, 12 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Titik Temu Perbedaan di Indonesia adalah Pancasila

Oleh Deice Pomalingo , dalam Post , pada Rabu, 2 Juni 2021 | 12:05 WITA
  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Irwan dai


Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Irwan Dai mengatakan bahwa Pancasila adalah titik temu perbedaan yang ada di Indonesia, mulai dari suku, agama, ras dan kepercayaan.

“Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila. Pancasila adalah keberagaman karena merupakan kodrat Bangsa Indonesia,” kata Irwan Dai. 

Politisi Golkar itu menuturkan, keberagaman bangsa Indonesia tergambar jelas dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Berbagai etnis, kepercayaan, bahasa, adat istiadat, golongan, serta beragam agama. 

“Semua menjadi satu dalam Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara yang menjadi pemersatu dari Sabang sampai Merauke,” ujar Irwan Dai. 

Meski demikian, ia mengingatkan masyarakat dalam penyelenggaraan peringatan hari lahir Pancasila tetap menerapkan protokol kesehatan. 

“Hari ini sebagai bentuk penghargaan kepada perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila baik masyarakat, pemerintah, maupun lembaga, mengibarkan bendera merah putih. Namun, ingat tetap harus memperhatikan protokol kesehatan,” pesan Irwan Dai. 

Aleg tiga periode ini menambahkan, semua elemen masyarakat menjadikan peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2021 ini sebagai momentum untuk bersama-sama menjaga persatuan dan toleransi. 

“Pancasila sudah mempertemukan kita, Pancasila bukan hanya semata-mata diucapkan. Seluruh elemen bangsa harus bersatu padu. Mari kita terus menjaga Pancasila untuk Indonesia,” tandas Irwan. (wie/adv/hargo)

BACA  Kolaborasi Nelson-Hendra Dibutuhkan dalam Pengelolaan Dana PEN 

Komentar