Senin, 21 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



TMMD 102: Rekrutmen TNI AD Disosialisasikan ke Siswa SMA 

Oleh Fajriansyach , dalam Gorontalo , pada Rabu, 25 Juli 2018 | 03:00 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Ada yang menarik dari pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 102 di Boalemo. Yakni, para Prajurit TNI berkesempatan sosialisasikan ke siswa SMA tentang rekrutmen TNI AD.

Terlihat Peltu Maman Mustaman Satgas TMMD 102 yang juga kesehariannya menjabat sebagai Plh. Pasipers Kodim 1304/Gorontalo berkesempatan memberikan informasi tentang perekrutan TNI-AD kepada Ratusan Murid SMA Negeri 1 Wonosari.

Alasan dilakukan ini pada Selasa (24/07/2018), karena informasi yang selama ini memreka dapat bukan secara langsung. Artinyam mereka hanya mendapat informasi dari media tanpa bertatap muka langsung dengan TNI AD. Metode seperti ini kurang bisa menjaring serta menyebar hingga ke seluruh lapisan masyarakat.

BACA  BPKH Paparkan Capaian Selama Pandemi Covid-19 

“Makanya, saya akan member gambaran bagaimana mekanisme menjadi prajurit TNI melalui media visual dan mudah diterima oleh para Siswa SMA Negeri 1 Wonosari,” kata Peltu. Maman Mustaman.

Dijelaskan, modal utama ketika hendak masuk TNI AD yakni postur tubuh yang memiliki tinggi badan minimal 163 centimeter bagi pria dan 157 centimeter bagi wanita. Selain itu, memiliki fisik yang baik dan tidak pernah merokok serta kondisi gigi tidak rusak, Selain fisik juga disampaikan bagaimana cara berolahraga yang baik agar bisa membentuk postur tubuh sesuai dengan kriteria perekrutan TNI AD.

BACA  Gubernur Gorontalo Dampingi Ketua BPK RI Berkunjung ke Tempat Wisata Hiu Paus

“Jika ingin menjadi prajurit TNI, harus menyiapkan mental dan fisik sedini mungkin. Alasannya, seluruh tes masuk TNI perlu adanya penyiapan diri seperti penyiapan fisik, kesehatan serta akademik yang mumpuni,” kata.

Peltu Maman Mustaman seraya menegaskan jika tes masuk TNI AD tidak dipungut biaya apapun alias gratis sehingga siapapun bisa mendaftar menjadi Prjurit TNI jika memenuhi syarat.

BACA  Serapan APBD Pemprov Gorontalo Bulan Mei Lampaui Target, Ini Harapan Sekdaprov

Akhir sosialisasinya, Peltu Maman Mustaman mengungkapkan jika TNI AD  ingin menjaring pemuda pemudi di seluruh tanah air untuk mengabdikan diri menjadi seorang Prajurit TNI. Namun Perlu diketahui TNI AD juga menginginkan calon prajurit yang memiliki mental kejuangan, memiliki aspek relasi sosial dalam mengikuti aturan dan norma yang berlaku di lingkungan keluarga, masyarakat serta berketuhanan Yang Maha Esa. (taufik/ded/hg)


Komentar