Rabu, 25 Maret 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



TNI AU Memperbarui Pesawat Tempur F-16 jadi Lebih Canggih

Oleh Mufakris Goma , dalam Kabar Nusantara , pada Jumat, 21 Februari 2020 Tag: ,
  Satu dari 10 pesawat F-16 milik TNI AU. Foto: Pojokpitu

Hargo.co.id, SURABAYA – TNI AU berhasil meng-upgrade pesawat tempur F-16 menjadi lebih canggih, dengan struktur dan avionik baru.

Rencananya semua pesawat F-16 AB yang dimiliki TNI AU akan di-upgrade semuanya oleh teknisi dari TNI AU sendiri.

Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, menjelaskan, pesawat F-16 type AB yang dimiliki TNI AU sudah beroperasi 30 tahun, sejak tahun 1989 sehingga perlu di-upgrade untuk meningkatkan kemampuan tempur.

BACA  Panglima TNI Kerahkan Personelnya Cegah Penyebaran Covid-19

Beberapa bagian yang di-upgrade, seperti struktur pesawat, avionic, armament system, kemampuan membawa rudal jarak sedang, dan radar yang juga ditingkatkan.

“Suatu kebanggaan bagi TNI AU, karena upgrade pesawat F-16 ini, dilakukan oleh TNI AU sendiri, bekerja sama dengan PT Dirgantara Indonesia, dengan supervisi dari lockheed martin,” kata Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

BACA  TNI-Polri di Gorontalo Sosialisasikan Bahaya Covid-19

Marsekal Yuyu melihat langsung test flight pesawat F-16 yang sudah di-upgrade, dengan pilot dari lockheed martin. Secara umum, test flight pesawat yang sudah canggih ini, berjalan bagus.

Tidak hanya 1 pesawat ini saja, upgrade pesawat akan juga dilakukan ke 9 pesawat F-16 type AB yang lain. Ditargetkan bulan depan pesawat kedua sudah rampung.

BACA  Panglima TNI Kerahkan Personelnya Cegah Penyebaran Covid-19

“Untuk upgrade pesawat yang ke 3 dan selanjutnya nanti, akan dilakukan oleh TNI AU sendiri, bersama PT Dirgantara, termasuk pilot yang akan melakukan test flight juga dari TNI AU sendiri. Karena ada 4 pilot TNI AU yang akan diberangkatkan ke Amerika untuk belajar,” pungkas Marsekal Yuyu. (pul/pojokpitu/jpnn)

*Berita ini juga terbit di jpnn.com edisi jumat 21 februari 2020