Kamis, 26 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



TNI Buka Akses Tulabolo-Pinogu, Jalan Rabat Beton jadi Pilihan

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Rabu, 12 Juli 2017 | 13:43 WITA Tag: , , , , ,
  


BONE BOLANGO Hargo.co.id – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango untuk kali kedua kembali mempercayakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) mengerjakan rintisan jalan rabat beton dari Kecamatan Suwawa Timur menuju ke Kecamatan Pinogu. Setelah penandatangan Naskah TMMD tahun anggaran 2017 pekan lalu. Kemarin, Selasa (11/7), pekerjaan rintisan jalan sepanjang 2,5 Kilometer (KM) tersebut mulai dikerjakan dari Desa Tulabolo Timur menuju Pinogu.

Selama ini, pekerjaan jalan ke Kecamatan Pinogu memang kerap diurungkan pemerintah, hal itu karena akses jalan yang akan dibangun berada di kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW), sesuai ketentuan tidak bolehkan ada aktivitas pembangunan jalan di kawasan taman nasional.

Padahal, akses jalan ke Pinogu sangat dinantikan masyarakat, kawasan yang subur dan kaya hasil pertanian itu sangat terisolir. Melalui program TNI Manunggal, akses jalan ke Pinogu mulai dibuka, itu pun hanya dalam bentuk rabat beton dengan lebar 1,7 meter. Untuk tahap awal, sepanjang 2,5 KM mulai dikerjakan dari kurang lebih 40 KM akses ke Pinogu. Sebelumnya pada tahun 2015, TNI juga membangun jembatan gantung penguhubung ke Pinogu melalui program ekspedisi sulawesi.

BACA  Tiga Juta Orang Berkeliaran Selama Liburan, Dampaknya Segera Diketahui

Pantauan Gorontalo Post (grup hargo.co.id), pekerjaan jalan tersebut dimulai dengan pembangunan pos kamling di 2 lokasi pekerjaan akses Tulabolo Timur-Pinogu tersebut. Beberapa anggota TNI lainnya ada yang mengangkat batu dari sungai sebagai bahan material untuk pembangunan jalan dengan konstruksi rabat beton tersebut. Personel TNi juga membangun tenda sebagai tempat berlindung bahan material seperti semen dari adannya curah hujan.

Kepala Bidang Marga pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bone Bolango Vera Abbas saat dikonfirmasi Gorontalo Post (grup Hargo.co.id) mengatakan, pekerjaan jalan rabat beton di Desa Tulabolo Timur sepanjang 2,5 KM merupakan lanjutan pekerjaan jalan rabat beton yang sebelumnnya dirintis Pemerintah Provinsi Gorontalo beberapa tahun yang lalu. “Jadi untuk pembangunan jalan rabat beton untuk akses Tulabolo Timur-Pinogu itu Pemkab Bone Bolango melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1 miliar,”kata Vera Abbas.

Dijelaskan Vera, lebar jalan itu yakni 1,70 meter dengan ketebalan 15 centimeter. Sementara target waktu penuntasan pelaksanaan proyek itu oleh Pemkab Bone Bolango hingga Desember 2017. Sedangkan oleh TMMD hingga 21 hari kerja. Sebelumnya tambah Vera, tahun anggaran 2016 lalu, Pemkab Bone Bolango juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk mensuport dan memback up kegiatan TMMD yang dikhususkan untuk membangun jalan rabat beton yang pekerjaanya dimulai dari Kecamatan Pinogu.

BACA  Kontak Tembak dengan KKB Papua, Satu Anggota TNI Gugur

Terpisah Bupati Hamim Pou mengatakan, alasannya mengapa memberikan kepercayaan kepada TNI untuk membangun rintisan jalan rabat beton dari Kecamatan Suwawa Timur menuju Kecamatan Pinogu tersebut. Karena TNI merupakan alat negara yang akan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan juga bisa mengelorakan cinta tanah air.

Selain itu, kata Bupati Hamim Pou pertimbangan lainnya pembangunan rintisan jalan ini dipercayakan kepada TNI, karena melihat kondisi dan kemampuan anggaran maupun keuangan daerah.”Anggaran kita di Bone Bolango terbatas, kalau pekerjaan pembuatan rintisan jalan ini, diserahkan kepada kontraktor umum, tentu dari sisi pembiayaan Pemda Bone Bolango tidak sanggup,”katanya.

Belum lagi, harus melalui mekanisme tender. Nah, secara otomatis kalau dikerjakan oleh kontraktor umum dari sisi kuantiti, misalnya panjang jalan itu menjadi lebih pendek. Karena kita bersama, yang namanya pengusaha maupun kalau kontraktor, pasti ingin mendapatkan keuntungan dari pembangunan jalan tersebut, dan itu wajar serta manusiawi.

BACA  Warga Kabila Mulai Sadar Soal Penerapan Protokol Kesehatan

Tetapi jika melalui karya bhakti TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), maka kita harapkan pembangunan rintisan jalan ini, kualitasnya menjadi lebih bagus, tentu dengan kuantiti yang lebih panjang juga.

“Inilah yang dikandung maksud, kenapa kami di Pemkab Bone Bolango selalu memberi kepercayaan kepada TNI lewat berbagai programnya. Termasuk lewat TMMD untuk membuat rintisan jalan dari Desa Tulabolo ke Desa Tulabolo Timur Kecamatan Suwawa Timur, yang merupakan akses jalan menuju wilayah Kecamatan Pinogu,”tandas Bupati Hamim Pou.

Komandan Korem 131/ Santiago, Brigjend TNI Sabar Simanjuntak mengatakan, Tujuan utama TMMD yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat tarutama masyarakat terpencil melalui pembangunan yang bersifat fisik, maupun non fisik serta memantapkan kemanunggalan TNI Bersama masyarakat.

“Pergerakan dalam perekonomian dan sosial masih membutuhkan peningkatan infrastruktur yang memadai, olehnya diharapkan kehadiran TMMDlah yang nantinya mampu meningkatkan aksebilitas antar wilayah yang ada di Kecamatan Suwawa Timur. (roy/hargo)


Komentar