Sabtu, 30 Mei 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



TNI-Polri Bantu Petani Bangun Saluran Irigasi di Kabila

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam HumKam Indonesia 99 Kata Ragam , pada Kamis, 14 Mei 2020 | 11:05 WITA Tag: ,
  Personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas membantu Masyarakat/Petani membangun saluran irigasi untuk pengairan ke persawahan di Kecamatan Kabila. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Sinergitas TNI/Polri bukan hanya dalam hal penanganan pandemi Covid-19, maupun mengamankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Akan tetapi juga untuk membantu masyarakat demi kepentingan umum, seperti membuat irigasi.

Seperti halnya yang dilakukan personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah Kelurahan Pauwo, Kecamatan Kabila, Bone Bolango, yaitu membantu masyarakat setempat dalam membangun saluran irigasi, Rabu (13/05/2020).

Dandim 1304 Gorontalo Letkol Inf. H. Allan Surya Lesmana S.Sos melalui Babinsa Koramil 06/Suwawa, Serda Luki Purnomo mengatakan, bahwa saluran air atau irigasi ini memang sudah lama dinantikan untuk dibangun, karena sangat dibutuhkan oleh petani yang ada diwilayah Kecamatan Kabila.

“Saluran irigasi yang kita bangun bersama warga ini, sangat diharapkan karena berfungsi untuk membagi arus air ke masing-masing sawah, sehingga para petani tidak kesulitan dalam memperoleh air untuk mengairi sawah mereka,” kata Serda Luki Purnomo.

Selain itu disampaikannya juga, disamping untuk mengaliri dan membagi arus air ke persawahan warga, saluran irigasi ini juga untuk mengantisipasi terjadinya banjir dimusim hujan.

“Jadi saluran irigasi ini sekaligus berfungsi untuk mengantisipasi terjadinya banjir dimusim hujan, dan kami selaku TNI/Polri yang bertugas di wilayah ini, harus selalu siap membantu masyarakat bersama-sama dengan Pemerintah setempat,” ujar Serda Luki Purnomo.

Ditambahkannya juga, upaya untuk membantu warga dalam membangun fasilitas umum seperti ini, merupakan wujud dari kemanunggalan TNI-AD bersama rakyat, diluar tugas pokok mengamankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan harapan meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui sinergitas antar elemen yang kuat. (zul/hg)     

Loading spinner

Komentar