TNI, POLRI dan Warga Bahu-membahu Padamkan Api di Tulabolo Timur

TNI, Polri dan warga setempat saat memadamkan api pada salah satu lahan di Tulabolo Timur, (Foto Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Penanganan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Tulabolo Timur, Bone Bolango, memasuki hari ke dua. TNI, Polisi dan warga bahu-membahu memadamkan api agar tidak merembet ke tempat lain.

Berdasarkan arahan dari Danrem 133 Nani Wartabone, untuk melakukan tindakan cepat dan tuntas, TNI AD menambah kekuatan personilnya, untuk melakukan pemadaman api, Rabu (18/09/2019).

Arahan tersebut oleh Komandan Kodim (Dandim) 1304 Gorontalo, menerjunkan personil dari Koramil 06 Suwawa, yang dipimpin langsung oleh Pasi Intel, Kapten Infanteri, Nendra Purwanto, untuk melakukan pengecekan dan pemadaman api.

Setibanya di lokasi Karhutla, Personil Koramil 06 Suwawa, yang di bantu oleh Anggota Kepolisian dari Polsek Suwawa, serta Warga Masyarakat, langsung melakukan pengecekan titik api, yang di temukan masih menjalar dan menghasilkan asap tebal.

Dengan alat seadanya, para personil gabungan ini, berusaha memadamkan api dengan cara manual, atau menggunakan kayu, dan tanah di sekitaran lokasi kebakaran.

Bahkan untuk mempercepat dan mempermudah proses pemadaman, para personil di bagi menjadi 3 regu, sesuai dengan titik api yang telah di pantau.

Komandan Kodim 1304 Gorontalo, Letkol Inf. Allan Surya Lesmana, S.Sos, Melalui Pasi Intel, Kapten Inf, Nendra Purwanto menjelaskan. Lokasi terjadinya Karhutla ini, memang sangat jauh dari perkampungan warga.

Saat dilakukan penyelidikan di lokasi, ternyata kebakaran tersebut, di sebabkan oleh warga yang ingin membuka lahan, dengan cara membakar gambut yang telah kering, sehingga api dengan mudah menjalar luas, hingga ke kawasan hutan.

“Saat dalam perjalanan menuju lokasi, kami menemukan masih ada warga yang sedang membakar lahan gambut, untuk membuka lahan. Kamipun segera mencegahnya. Sementara itu, di lokasi kebakaran, Kami menemukan bukti, berupa tumpukan dahan dan gambut kering, yang sengaja di bakar untuk membuka lahan,” ungkap Kapt Inf, Nendra Purwanto.

Walaupun dengan alat seadanya, para personil gabungan yang di bantu oleh warga, akhirnya berhasil memadamkan api, secara keseluruhan.

Selain melakukan pemadaman, Personil Koramil dan Polsek Suwawa, juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat, tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan, serta tindakan hukum pidana, bagi pelaku pembakaran, sesuai dengan undang-undang yang berlaku. (zul/hg)

-