Senin, 30 Januari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tok! RKUHP Resmi Disahkan Jadi Undang-Undang

Oleh Admin Hargo , dalam Senayan , pada Selasa, 6 Desember 2022 | 16:05 Tag: , , , , ,
  Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto. Foto: Ricardo/JPNN

Hargo.co.id, JAKARTA – DPR RI mengesahkan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) menjadi aturan resmi melalui Rapat Paripurna yang diselenggarakan di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (6/12).

Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto atau Pacul dalam laporannya di Rapat Paripurna mengatakan KUHP yang ada saat ini tidak relevan dan pengesahan RKUHP menjadi jawaban hal itu.

banner 728x485

“RKUHP ini dengan sasaran menjamin kepastian hukum. Menciptakan kemanfaatan dan keadilan terhadap terpidana,” ujar Pacul di Gedung DPR, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan DPR RI dan pemerintah telah mendengar banyak masukan dari akademisi dan praktisi hukum sebelum mengesahkan RKUHP.

“RKUHP ini sangat dibutuhkan masyarakat,” jelas Pacul.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad kemudian meminta persetujuan seluruh peserta Rapat Paripurna setelah Pacul menyampaikan laporan pembahasan RKUHP.

“Kami akan menanyakan, apakah RKUHP dapat disetujui menjadi Undang-Undang?” tanya Sufmi Dasco.

“Setuju,” kata mayoritas peserta Rapat Paripurna.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mempersilakan pihak yang tidak setuju dengan pasal di RKUHP untuk mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi.

Menurut dia, tidak semua masyarakat akan setuju ketentuan yang termuat dalam rancangan baru Kitab Undang-undang Hukum Pidana.

“Kalau untuk 100 persen setuju, tidak mungkin,” ujar Yasonna, Senin (5/12). (JPNN.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Tok! DPR Resmi Mengesahkan RKUHP“. Pada edisi Selasa, 06 Desember 2022.
(Visited 80 times, 1 visits today)

Komentar