Sunday, 25 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tolak Isolasi Terpusat, Warga di Gorontalo Dijemput Tim Satgas

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Thursday, 22 July 2021 | 20:05 PM Tags: ,
  Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Gorontalo saat menjemput seorang warga yang menolak di isolasi terpusat, Kamis (22/09/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Gorontalo menjemput seorang warga Kelurahan Hepuhulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo yang menolak untuk diisolasi terpusat di Wisma Atlet, Kamis (22/09/2021). 

Informasi dihimpun Hargo.co.id, warga tersebut melakukan Isolasi Mandiri setelah terkonfirmasi positif saat dirinya melakukan tes swab antigen. Dirinya juga sempat menyebarkan hasil tesnya tersebut melalui postingannya di media sosial. 

Mengetahui ada warga positif antigen, pihak kelurahan meminta warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut untuk diisolasi terpusat di Wisma atlet. Namun, yang bersangkutan menolak dengan alasan akan melakukan Isolasi mandiri di rumah. 

Saat tim Satgas Covid-19 datang ke rumahnya untuk melakukan penjemputan, dirinya tetap menolak. Pihak kelurahan dan Tim Satgas Covid-19 kemudian memberikan edukasi tentang penanganan Covid-19. Tak lama kemudian, dirinya akhirnya ingin untuk diisolasi terpusat. 

Lurah Hepuhulawa, Saiful Pakaya menuturkan, hak tersebut harus dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan warga lain tidak terpapar Covid-19. Pihaknya akan mensterilkan  wilayah tersebut dengan melakukan penyemprotan desinfektan. 

“Ketika ada warga kami yang positif Covid-19, kami tentunya ingin agar diisolasi terpusat sebagaimana anjuran dari pemerintah. Ini untuk menjaga warga yang lain. Jangan sampai terpapar Covid-19. Kami pun akan melakukan penyemprotan desinfektan guna meminimalisir Covid-19 di kelurahan ini,” tandas Saiful Pakaya. 

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku mengatakan, isolasi terpusat merupakan bentuk upaya pemerintah untuk membantu masyarakat yang sakit menjadi cepat sehat serta melindungi masyarakat yang sehat agar tidak terpapar virus tersebut. 

“Kami pun memastikan dalam pelaksanaan isolasi ini, konsumsi, vitamin serta kesehatan terpenuhi sehingga dalam waktu yang singkat, pasien tersebut sembuh,” terang Sumanti Maku

Ia pun meminta kepada warga tetap menjalankan protokol kesehatan dalam mengurangi aktivitas di ruang publik. Menurutnya, kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di ruang publik sangat penting untuk mencegah penyebaran virus Covid 19.

]“Selanjutnya Kami akan melakukan treking. Guna memutuskan mata rantai Covid-19 di Kabupaten Gorontalo,” pungkas Sumanti Maku(***) 

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 502 times, 2 visits today)

Komentar