Kamis, 8 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Toleransi, Itu Penting!

Oleh Berita Hargo , dalam Post , pada Kamis, 1 Juni 2017 | 22:38 Tag: , , ,
  

hargo.co.id – Memperingati Hari Kelahiran Pancasila, membuat kita kembali teringat akan sila pertama Pancasia (Ketuhanan Yang Maha Esa) yang memiliki makna bahwa Indonesia selalu menjujung tinggi toleransi antar umat beragama.

Yup, bicara soal toleransi beragama, tentunya menyangkut bagaimana kita menjalin tali persaudaraan dengan sahabat yang memiliki agama berbeda dengan kita. Yuk, simak seperti apa sih toleransi dalam beragama yang dijalin oleh Zetizen! (ZT-06/hargo)

Florensya Erine Wonggow
Alumni SMA Negeri 1 Gorontalo

Tak Terisolasi Karena Agama

Aku hidup dilingkungan yang punya mayoritas Islam, jadi hampir semua temanku memiliki berbeda keyakinan denganku. Tapi itu tak membuat diriku merasa dibedakan dari yang lainnya. Aku juga bersekolah di sekolah negeri yang banyak menyelenggarakan kegiatan Islami, walaupun demikian aku dan teman-teman yang beragama lain (kristiani & hindu) tetap mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan keaagamaan seperti yang lainnya. Mengingat isu-isu tentang agama yang beredar mungkin bisa merusak tali persaudaraan antar umat beragama. Namun, kita bisa meminimalisir kemungkinan itu dengan menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain serta menghindari perdebatan yang dapat menimbulkan masalah. (ZT-06)

Apriyanti Djafar
Universitas Negeri Gorontalo

Saling Menghargai

Pancasila sebagai ideologi negara kita harus menanamkan kesatuan dan persatuan maksudnya disini walaupun kita berbeda tetapi kita tetap satu, begitupun dengan perbedaan agama yang ada di Indonesia yang sudah menjadi ciri khas negara kita. Akan tetapi jika dilihat baru-baru ini indonesia hampir terpecah pada kejadian kasus peodaan agama, berhubung di moment ini mari kita saling menghargai antar umat agama. kita haruslah satu, satu tujuan membangun indonesia tercinta. hidup dalam perbedaan itu indah. (ZT-07)


I Made Ari Setiawan
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gorontalo

Berbaur dan Saling Memahami

Sebisa mungkin berbaur dan saling memahami satu sama lain merupakan hal yang aku lakukan untuk bisa membangun tolerasi dengan orang-orang yang ada di lingkunganku. Karena dengan berbaur, kita dapat berhubungan dan menjalin komunikasi yang positif. Dan dengan menghargai kepercayaan orang lain akan tercipta suasana saling memahami satu sama lain. Kurang lebih itulah yang saya lakukan selama tinggal bersama mayoritas. (ZT-08)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar