Selasa, 13 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tomat Rp 20 Ribu per Kg

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Senin, 31 Oktober 2016 | 13:53 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id GORONTALO – Musim hujan dan bencana banjir yang melanda wilayah Kabupaten Gorontalo dan Boalemo beberapa hari belakangan berimbas besar pada harga jual tomat di pasaran.

Sebagaimana pantauan Gorontalo Post di Pasar Andalas (pasar mingguan), harga tomat yang dijual pedagang telah naik hingga ke posisi Rp 20 ribu per kg, padahal sebelumnya dikisaran 10-13 ribu.

BACA  Trend Busana Muslim Jelang Ramadan

Naiknya harga komoditi yang satu ini disebabkan stok tomat di kalangan pedagang menipis, sementara pasokan menurun diakibatkan banyak lahan pertanian milik petani rusak akibat banjir.

Tak hanya itu, di pasar mingguan ini, pedagang tomat juga sangat kurang. Jika biasanya, ada 15 pedagang yang berjual, kali ini, hanya 3 pedagang saja yang menjual tomat.

BACA  Usai Divaksin Covid-19, Ini 5 Hal yang Wajib Dilakukan Agar Tak Terinfeksi

“Stok kurang bahkan tidak ada, banyak pemasok yang kosong stok tomat, di petani juga tidak ada,” ungkap Meylan, salah seorang pedagang.

Menurutnya, selain tomat, harga rica dan sejumlah rempah rempah lainnya diperkirakan akan mengalami kenaikan akibat banjir yang melanda 2 kabupaten di Provinsi Gorontalo.

BACA  Ini Dia 4 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

“Kan rempah rempah ini, sebagian besar dari Boalemo dan Kabupaten Gorontalo, sekarang dorang kena banjir, jadi stok rempah rempah pasti kurang, karena banyak lahan pertanian terendam,” ujarnya.(dan/hargo)


Komentar