Sabtu, 3 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



‘Tong Tong Fair’ Diharap Ciptakan Peluang Ekonomi 

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Jumat, 10 Juni 2022 | 00:05 Tag: , ,
  Ketua Komisi III DPRD Gorontalo Utara, Aryati Polapa

Hargo.co.id, GORONTALO – Ketua Komisi III DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Ariyati Polapa mengingatkan agar Tong Tong Fair dapat menciptakan peluang ekonomi. Olehnya, meminta kepada instansi terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan untuk lebih mempersiapkan diri guna turut serta pada acara yang akan digelar pada September 2022 di Denhag, Belanda.

“Harus mempersiapkan dengan maksimal segala sesuatu yang akan dibawa dan diperkenalkan di Belanda. Baik itu dari sisi seni budaya, dalam hal ini tari-tarian maupun produk lokal UMKM yang juga akan diikutsertakan nantinya,” kata Ariyati Polapa. 

Tentunya sebagai mitra kerja, Ariyati tentu berharap agar persiapan yang dilakukan benar-benar matang. Sehingga ketika tiba pada saatnya, apa yang diperkenalkan tersebut, benar-benar memiliki kesan mendalam. Ketika ini dapat diwujudkan, maka implikasi terhadap hasil dari yang ditampilkan tersebut tentu akan dirasakan oleh daerah. 

“Disisi lain, keikutsertaan dalam Tong Tong Fair tersebut merupakan tanggungjawab besar, karena Gorontalo Utara merupakan representasi dari negara. Kemudian juga representasi dari Provinsi Gorontalo dan juga Gorontalo Utara sendiri,” tegasnya.

Namun demikian kata Ariyati Polapa, pihaknya yakin jika Dinas Pendidikan Usman memiliki kapasitas dan kapabilitas serta berpengalaman. DPRD sangat berharap, ada hasil positif yang diperoleh dari Belanda nantinya, baik bagi daerah, maupun para pelaku UMKM itu sendiri.

Terhadap produk lokal yang akan dibawa ke Belanda, kata Ariyati Polapa, itu harus benar-benar memenuhi standar. Walaupun memang produknya lokal namun terhadap hal-hal seperti kualitasnya dan lain sebagainya juga tentu harus diperhatikan.

“Agar ketika produk ini disajikan memiliki kesan tersendiri. Tak hanya itu saja, ada peluang pasar tentunya yang diharapkan,” kata Ariyati Polapa.

Sebenarnya bukan saja perkenalan budaya kepada dunia bagian eropa yang diharapkan dari keikutsertaan Gorontalo Utara dalam festival tersebut, kata Ariyati Polapa, namun dampak ekonomi juga tentu sangat diharapkan.

“Sehingga tercipta peluang pasar global dan produk UMKM Gorontalo Utara akan lebih bergairah nantinya. Karena ketika produk UMKM ada, namun tidak ada peluang pasarnya, tentu nilai ekonominya tidak ada. Sehingga inilah yang diharapkan nanti dari Tong Tong Fair di Belanda yang merupakan salah satu festival tertua di dunia,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 29 times, 1 visits today)

Komentar