Senin, 10 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



TPS Pilkades di Kabupaten Gorontalo Masih Kurang 

Oleh Deice Pomalingo , dalam Legislatif , pada Selasa, 2 Maret 2021 | 20:05 WITA Tag:
  Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo, Jayusdi Rivai


Hargo.co.id, GORONTALO – Pemilihan kepala desa (Pilkades) se Kabupaten  Gorontalo, yang akan dilaksanakan 24 Maret 2021 mendatang, Tempat Pemungutan Suara (TPS) masih kurang. Artinya, hanya ada 75 TPS, sehingga memantik respon dari DPRD Kabupaten Gorontalo.

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo, Jayusdi Rivai mengungkapkan melalui rapat evaluasi persiapan Pilkades dengan Komisi Pemilihan Desa, (02/03/2021).

Jayusdi Rivai mengatakan, dalam instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui surat edaran nomor 141/5483/BPD dan Permendagri pelaksanaan Pilkades selain menerapkan protokol kesehatan dengan ketat juga ada pembatasan setiap tempat pemungutan suara (TPS) maksimal 500 daftar pemilih tetap (DPT). 

“Jika tidak sesuai dengan arahan Mendagri, maka harus dilakukan penundaan terhadap proses Pilkades. Artinya dari jumlah 202 TPS harus dilakukan penambahan agar protokol kesehatan sesuai perintah pemerintah pusat dapat dilaksanakan,” ujar Jayusdi. 

Menurut dia, setelah dilakukan identifikasi oleh panitia pemilihan dari 202 total TPS kekurangan masih berjumlah 75 TPS. Jumlah tersebut tersebar di 71 Desa, 17 Kecamatan.

“Sehingganya saya  meminta dukungan pemerintah daerah agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dapat berjalan maksimal,” jelas Aleg dua periode ini.

Ia menambahkan, bila semuanya kita total, maka kebutuhan secara keseluruhan 277 TPS dari jumlah DPT 125.875 jiwa. Penambahan TPS tentu sangat membutuhkan support anggaran untuk kebutuhan biaya KPPS, APD, petugas keamanan serta  alat-alat kebutuhan pemilihan lainnya. Ia mengatakan, solusi yang dapat dilakukan pemerintah daerah,  dapat melakukan pergeseran anggaran melalui instansi terkait, bahkan untuk keperluan APD sesuai aturan permendagri dapat dibiayai dengan APBDes. 

“Harapan Komisi I adalah pemerintah bias memberi suport anggaran dengan baik sehingga pelaksanaan kegiatan bisa berjalan dengan baik. Mari sama-sama kita sukseskan Pilkades serentak,” tandas Jayusdi. (wie/adv/hargo)

BACA  Dinas PUPR Diminta Pertahankan Kualitas Kerja

Komentar