Rabu, 25 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tradisi Dirayakan Tiap 1 April, Kenapa Ada April Mop?

Oleh Berita Hargo , dalam Headline LifeStyle , pada Sabtu, 1 April 2017 | 11:54 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id- Happy April Mop! Tradisi yang selalu dirayakan tiap 1 April ini sudah lama dikenal masyarakat sebagai momen lucu untuk menunjukkan sisi jahil seseorang. Di hari ini, setiap orang sebetulnya dilarang marah jika mendapatkan kejutan nakal dari orang-orang di sekitarnya. Di luar negeri, istilah April Mop dikenal dengan April Fool’s Day.

Oleh sebab itu, selamat berbahagia pada orang-orang jahil sedunia. Setidaknya ada satu hari sebagai bentuk legalitas atau izin untuk melakukan tindakan jahil kepada teman dan keluarga. April Mop telah dirayakan secara global selama berabad-abad. Meski, di beberapa negara termasuk Indonesia, tradisi ini masih belum menjadi sesuatu yang lazim dilakukan.

BACA  Sweet Seventeen, 34 Orang Pemilih Pemula Dapat Kado dari KPU

Tradisi ini di sebagian besar luar negeri merupakan penanda musim telah berubah. Namun penjelasannya berbeda di tiap negara. ’’Asal usul Hari April Mop sangat jelas. Ada berbagai penjelasan yang berbeda, alasan dan penyebab, jadi saya tidak bisa memberikan jawaban yang pasti,” kata Ahli Sejarah dan Penulis di Boston University Joseph Boskin, seperti dilansir USA Today, Sabtu (1/4).

Penulis The Museum of Hoax: A History of Outrageous Pranks dan Deceptions, Alex Boese berspekulasi bahwa liburan festival untuk merayakan musim semi juga sering dilakukan dengan berbagai tindakan jahil dan jebakan. Karena itu banyak orang dewasa membenci liburan.

BACA  Ini 4 Manfaat Beras Merah yang Ramah untuk Penderita Diabetes

“Namun orang senang dengan tipu daya itu karena telah menjadi tradisi,” jelasnya.

Sejarah lain menyebutkan, pada abad ke-19, hari itu dianggap sebagai hari libur anak-anak di Eropa dan Amerika Utara. Anak-anak harus berperilaku buruk selama sehari, meskipun hal itu membuat orang tua mereka kesal. Jalan-jalan di London dan New York dipenuhi anak-anak jalanan yang jahil.

BACA  Imam Besar FPI Rizieq Shihab Tiba di Indonesia

Pada abad ke-20, April Mop berevolusi menjadi liburan global. Pada abad ke-21, perusahaan seperti Google, Virgin dan BMW menemukan bahwa cara ini menyenangkan untuk lebih dekat kepada pelanggan untuk memberikan rasa humor.

April Mop sangat penting dalam masyarakat hanya satu kali dalam setahun untuk menunjukkan kepuasan batin.

Dalam satu hari seseorang diperbolehkan berperilaku buruk dan melanggar aturan-aturan sosial. Karena itu, hati-hati menghadapi lelucon teman-teman di sepanjang hari ini, bisa jadi itu hanya jebakan Batman! (cr1/JPG/hg)


Komentar