Rabu, 3 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tujuan Perda Mengatur Yang Belum Diatur

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Minggu, 21 Februari 2021 | 02:25 WITA Tag: , ,
  Ketua DPRD Gorontalo Utara, Djafar Ismail


Hargo.co.id, GORONTALO – Pengaturan terhadap daerah harus dilakukan sejak dini. Terhadap pengaturan tersebut, ketika telah dilegalkan dalam bentuk sebuah peraturan daerah, maka itu harus dilaksanakan dengan maksimal.

Ini sebagaimana diungkapkan Ketua DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Djafar Ismail, saat dimintai tanggapannya terkait penerapan Perda. Menurutnya, seperti halnya dua Perda yang baru saja ditetapkan, itu untuk mengatur segala hal terutama yang berhubungan dengan kepentingan umum.

BACA  Perda Retribusi Jasa Usaha Bakal Mengisi Pundi-pundi PAD

“Seperti Perda Pengelolaan Air Limbah Domestik. Berbicara soal limbah, maka tentunya ini hal yang akan berdampak pada kesehatan terutama kesehatan masyarakat,” kata Djafar Ismail.

Maka sejak dini harus diatur sebelum semuanya menjadi terlambat, seperti halnya pengelolaan limbah Rumah Sakit maupun limbah Puskesmas.

“Dalam limbah tersebut, tentu mengandung unsur yang dapat berpengaruh pada kesehatan, dan ketika pengelolaan limbah tidak diatur maka tentunya ini akan menjadi masalah nantinya,” jelasnya.

BACA  Refocusing Diharap Tak Hambat Pelaksanaan Program Pembangunan

Maka dari itu, kata Djafar Ismail, harus dilakukan penataan sebelum terlambat. Begitu juga terhadap potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang juga harus segera diatur dari mana saja sumber yang dapat diperoleh.

“Dan Perda Retribusi Daerah tersebut untuk mengatur sektor-sektor mana saja yang dapat ditarik retribusinya,” ujar Djafar Ismail.

BACA  Sering Diterjang Banjir, Stabilitas Sektor Pertanian Harus Terjaga

Hanya saja, jika Perda yang telah dibuat tersebut tidak dapat diimplementasikan dengan maksimal, maka ini merupakan satu kerugian bagi daerah.

“Tidak gambang merumuskan satu peraturan ketika telah selesai dan disahkan kemudian tidak dijalankan. Untuk itu, DPRD akan melakukan pengawasan maksimal,” kuncinya. (abk/adv/hargo)


Komentar