Friday, 17 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tumbilotohe Pemkab Gorontalo Utara Secara Sederhana

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Tuesday, 11 May 2021 | 04:05 AM Tags: ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin Kopia putih) didaulat menyalakan lampu minyak pada Tumbilotohe pada akhir pekan lalu di halaman rumah dinas bupati. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Sudah menjadi tradisi, malam pasang lampu atau di Gorontalo biasa disebut malam Tumbilotohe kembali dirayakan pemerintah Gorontalo Utara (Gorut) pada Ramadhan 1442 Hijriah tahun 2021 ini. 

Meski bermakna, namun perayaannya digelar secara sederhana yang dipusatkan di halaman Rumah Dinas Bupati Gorut, akhir pekan kemarin, dan pada kesempatan tersebut, Bupati Gorut, Indra Yasin didaulat pertama menyalakan lampu minyak dan diikuti pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Gorut. Meski sederhana, Bupati Indra mengatakan, perayaan Tumbilotohe tetap indah. 

“Pada dasarnya, perayaan Tumbilotohe ini sudah menjadi tradisi masyarakat Gorontalo, sehingga tetap dilaksanakan meski di tengah pandemi Covid-19. Memang, festivalnya ditiadakan, tapi tradisinya tidak bisa ditiadakan,” jelasnya. 

Meski dibatasi pandemi Covid-19, namun Indra yakin, perayaan Tumbilotohe ini, tidak akan mengurangi rasa antusias orang Gorontalo. 

“Tradisi ini harus terus kita rawat, karena ini merupakan budaya yang notabene telah diwariskan oleh para leluhur di masa lampau. Dan karena saat ini kita berada di masa pandemi Covid-19, maka pelaksanaannya tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar