Jumat, 16 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tunjang Pariwisata Gorontalo, Menhub Siap Bangun Dermaga Apung

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Selasa, 19 Juli 2016 | 13:40 WITA Tag: , , ,
  


 

Hargo.co.id GORONTALO – Upaya mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di Provinsi Gorontalo terus dilakukan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui kebijakanya, kini mulai mengembangkan sektor pariwisata, sebagai program unggulan pemerintah.

Pariwisata dinilai merupakan pontensi yang dimiliki provinsi Gorontalo, termasuk menunjung program Nawacita pemerintah pusat. Terkait dengan itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membenahi infrastruktur pariwisata.

Senin (18/7) kemarin, Gubernur Rusli Habibie menemui langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Djonan di Jakarta, untuk mengusulkan pembangunan fasilitas infrastruktur perhubungan berupa dermaga apung.

BACA  Harga Ayam Kampung di Kota Gorontalo Tembus Rp 100 Ribu per Ekor

Dermaga apung, nantinya akan ditempatkan pada lokasi-lokasi pariwisata strategis, seperti Pulau Buha di Gorontalo Utara, Taman Laut Olele dan Wisata Hiu Paus di Bone Bolango, pantai blue merlin di Kota Gorontalo, Pulo Cinta di Boalemo dan pantai pohon cinta di Kabupaten Pohuwato.

Menurut Gubernur Rusli Habibie, sudah saatnya provinsi Gorontalo mengembangkan sektor yang mampu menggerakkan ekonomi rakyat. Ia mengatakan, selama ini ekonomi Gorontalo paling besar digerakkan dari sektor pertanian dan perikanan. Padahal, menurutnya sektor ini sangat berpengaruh musim dan cuaca

BACA  Jelang Buka Puasa, Dua Desa di Limboto Barat Diterjang Banjir 

. Misalnya saat terjadi kemarau, maka berdampak pada kekeringan lahan pertanian, dengan begitu ekonomi masyarakat juga terganggu. Gubernur Rusli Habibie berharap pengembangan pariwisata oleh pemerintah dapat dimanfaatkan masyarakat Gorontalo.

“Daerah ini memiliki potensi pariwisata yang sangat besar,”kata Gubernur Rusli Habibie. Sementara itu, Menhub Ignasius Djonan, kemarin, sangat merespon upaya Gubernur Rusli Habibie dalam rangka meningkatkan infrastruktur perhubungan di daerah yang menopang program lain, seperti pariwisata.

BACA  Fory Naway Ungkap Pentingnya Data Penyandang Disabilitas

Dihadapan Gubernur, mantan Dirut PT KAI ini menyatakan siap untuk membangun dermaga apung yang dibutuhkan Gorontalo. “Alhamdulillah, pak menteri sangat merespon yang diperjuangkan pak Gubernur Rusli Habibie. Dan pak Menteri menyatakan akan segera membangunya,”ujar Kadis Perhubungan dan Pariwisata, Kominfo Provinsi Gorontalo Djamal Nganro yang kemarin turut mendampingi Gubernur Rusli Habibie menemui menteri perhubungan. Djamal Nganro menambahkan, jika dermaga apung menjadi prioritas kementerian perhubungan untuk dibangun pada tahun 2017 mendatang. (tro/hargo)


Komentar