Kamis, 21 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



UGM Siap Wujudkan Randangan ‘Kota Bandeng’ 

Oleh Fajriansyach , dalam Kab. Pohuwato , pada Senin, 25 Juni 2018 | 23:20 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Upaya pemerintah Pohuwato untuk mewujudkan Randangan sebagai ‘Kota Bandeng’ tak lama lagi akan terwujud. Ini menyusul hadirnya 29 mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta yang akan melakukan KKN PPM di Bumi Panua.

Diterima langsung oleh Wakil Bupati Amin Haras, para mahasiswa ini akan membantu Pemda dalam meningkatkan laju pertumbuhan daerah. Salah satunya salah satunya dengan mewujudkan Randangan sebagai ‘Kota Bandeng’.

Amin haras dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas ditempatkannya kembali KKN PPM di Pohuwato. Ini dinilai salah satu tindak lanjut dari kerja sama antara Pemda Pohuwato dengan UGM Jogjakarta.

BACA  Diperingati pada 25 Februari, HUT Pohuwato Diubah

“Oleh karena itu, apa yang sudah digagas dan dilaksanakan pada pelaksanaan KKN sebelumnya pada tahun-tahun kemarin kembali dilaksanakan atau dilanjutkan pada tahun ini,” ujarnya.

Amin Haras mengungkapkan, sebelumnya mahasiswa UGM telah merintis pengelolaan ikan bandeng di Randangan. Pengolaan ini dilakukan dengan berbagai macam produk dan cita rasa.

“Saya sendiri datang pada pelaksanaan launching Bandeng Presto tersebut. Pada saat ini adik-adik mahasiswa kembali ditempatkan dan lebih fokus lagi di perikanan yang Insya Allah hal ini lebih dapat dikembangkan lagi,” tambahnya.

Dirinya jaauga berharap melalui hal ini dapat memberikan dampak pada peningkatan sektor perikanan di Pohuwato. Sebagaimana tujuan Pemda untuk menjadikan Randangan sebagai ‘Kota Bandeng’.

BACA  Seluruh Pimpinan OPD di Pohuwato Jalani Swab Test

“Melalui Bandeng ini diharap bisa dapat memberikan kontribusi terutama dalam rangka untuk peningkatan pendapatan dari pada masyarakat yang ada di Randangan. Ketika Bandeng sudah bisa ditingkatkan pengelolaannya, tidak saja dalam bentuk mentah tapi sudah dikelola menjadi bahan baku yang sudah bisa dipasarkan khusunya oleh masyarakat yang ada di Randangan atau di desa yang punya tambak tersebut. Sehinggnya diharapkan kepada adik-adik mahasiswa kiranya bisa mentransfer keterampilan dan pengetahuan kepada masyarakat yang ada di Randangan,” harapnya.

BACA  Tim Gabungan SAR Berhasil Temukan Nelayan Pohuwato yang Tenggelam

Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh menambahkan, kegiatan KKN PPM UGM diikuti oleh 29 mahasiswa yang terdiri dari 12 Fakultas yang akan melakukan pengabdian selama 2 bulan di Pohuwato.

“Angkatan IV ini datang bersama Mitra mereka yakni PT Astra sekaligus menjadi sponsor kegiatan Mahasiswa. PT Astra ini dengan dana CSR mereka ada program yang namanya program Desa Sejahtera. Maka apa yang menjadi hasil-hasil temuan, kajian, analisis dari adik-adik ini, akan membantu misi mereka dalam mewujudkan desa Sejahtera dan desa Asri,” pungkasnya. (mg01-gp/hg)


Komentar