Selasa, 29 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Uji Coba Tahap Tiga Vaksin Sinovac, Relawan Dilindungi Asuransi

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Kamis, 23 Juli 2020 | 09:05 WITA Tag: , , ,
  Uji Coba Tahap Tiga Vaksin Sinovac, Relawan Dilindungi Asuransi


Hargo.co.id, BANDUNG – Ketua Tim Peneliti Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Kusnandi Rusmil mengatakan, warga yang menjadi relawan dalam uji coba tahap tiga Vaksin Sinovac dari Tiongkok akan dilindungi asuransi.

”Jadi diberikan asuransi atau di-cover asuransi selama ikut penelitian dan tidak dibayar karena mereka secara sukarela,” kata Kusnandi seperti dilansir dari Antara di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Kota Bandung, sebagaimana dilansir JawaPos.com pada Rabu (22/7).

Dia mengatakan, setelah disuntikkan vaksin tersebut, seluruh relawan akan dipantau tim yang telah disiapkan. ”Terus kami pantau ketat. Tiga hari, lima hari, 14 hari, dan seterusnya. Kalau dia sakit, apakah gejala dari vaksin itu atau bukan. Nanti diperiksa ke dokter lain, saya yang akan tanya ke dokter itu lebih dalam,” terang Kusnandi.

BACA  Terungkap, Jaksa Pinangki Dijanjikan USD 1 Juta oleh Djoko Tjandra

Menurut dia, sampai saat ini, banyak warga yang mengajukan diri untuk menjadi relawan uji klinis tahap tiga vaksin tersebut. Seperti pegawai serta para dokter dari salah satu rumah sakit di Jakarta. ”Namun saya tolak, itu pegawai rumah sakit sama dokternya. Sebab, mereka tidak tinggal di Bandung, susah kita mengawasinya. Yang mendaftar juga sudah banyak yang ingin ikut, tapi kan kita belum mulai, nanti awal Agustus,” kata Kusnandi.

Sementara itu, Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Eddy Fadlyana mengatakan, perekrutan 1.620 orang relawan untuk uji klinis tahap ketiga Vaksin Sinovac dari Tiongkok menunggu izin dari komite etik.

BACA  Rumah Penusuk Syekh Ali Jaber Digeledah, Ini Hasilnya

”Bagaimana cara merekrut relawan, jadi setelah kami mendapat izin komite etik, kami akan langsung melakukan sosialisasi besar-besaran ke masyarakat lewat penyuluhan langsung atau menyebarkan leaflet,” kata Eddy.

Dia mengatakan, relawan atau subjek uji klinis tahap tiga vaksin tersebut pada saat pra-rekrutmen semuanya harus dalam keadaan sehat dengan pemeriksaan dokter yang lengkap. Kemudian juga ada pemeriksaan sebelumnya tidak menderita sakit Covid-19

”Kemudian dalam perjalanannya, apabila sakit apapun juga itu akan di-cover oleh asuransi, sebagai standarnya. Rumah sakitnya terbuka di sekitar Kota Bandung,” tutur Eddy.

Selain dokter umum, pihaknya juga merekrut dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis penyakit anak, dan juga keahlian-keahlian yang lain-lainnya sesuai dengan kebutuhan dari penelitian itu.

BACA  Sebanyak 37 Orang Kontestan Pilkada Positif Covid-19

Dia mengatakan, uji klinis tahap ketiga Vaksin Sinovac akan dilakukan di enam tempat di Kota Bandung, yakni empat puskesmas, Balai Kesehatan Unpad dan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad. Keempat puskesmas di Kota Bandung yang akan dijadikan uji coba tahap tiga Vaksin Sinovac ialah Puskesmas Garuda, Puskesmas Ciumbeuleuit, Puskesmas Dago dan Puskesmas Puter.
”Di enam site tempat penelitian itu, kami juga sudah melakukan pelatihan-pelatihan. Pelatihan-pelatihan dari tempat-tempat tersebut membuat tim yang terdiri dari dokter umum lebih dari antara 30 hingga 40,” kata Eddy. (lrm/antara/jawapos/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com dengan judul: “Relawan Uji Coba Tahap Tiga Vaksin Sinovac Dilindungi Asuransi“. Pada edisi Rabu, 22 Juli 2020.

Komentar