Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ukir Sejarah, Donnarumma Jadi Pemain Terbaik EURO 2020

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Sepakbola , pada Senin, 12 Juli 2021 | 15:05 Tag: , , , , ,
  Kiper Italia Gianluigi Donnarumma. (Foto: Twitter/@gigiodonna1)

Hargo.co.id, LONDON – Italia bukan hanya sukses menjuarai EURO 2020, tim berjuluk Gli Azzurri ini juga berhasil menempatkan penjaga gawangnya Gianluigi Donnarumma sebagai pemain terbaik di turnamen ini.

Keberhasilan mantan penjaga gawang AC Milan itu menjadi sebuah sejarah. Pasalnya, baru kali pertama seorang kiper didapuk sebagai pemain terbaik di ajang sepak bola terakbar di Eropa ini.

Memang, catatan Donnarumma cukup bagus. Dia sudah tampil di tujuh laga sepanjang EURO 2020 dan hanya kebobolan empat gol. Pemain 21 tahun tersebut menunjukkan kontribusi luar biasa di bawah mistar Italia.

Ketenangan dan kemampuannya membaca arah bola saat adu tendangan penalti layak diacungi jempol. Sebelumnya, di semifinal laga juga harus diselesaikan lewat penalti. Italia menang atas Spanyol. Kini, Inggris menjadi korban dari ketangguhan Donnarumma.

Beberapa sepakan pemain The Three Lions, mampu dibaca dan dimentahkan olehnya. Alhasil, Inggris pun harus mengakui keunggulan Italia dalam laga final ini.

Penghargaan pemain terbaik atau Player of the Tournament EURO mulai diadakan sejak 1996 silam.

Selama ini, mayoritas pemenangnya ialah pemain yang berposisi sebagai gelandang. Sebut saja seperti Matthias Sammer, Zinedine Zidane, Theodoros Zagorakis, Xavi Hernandez, dan Andres Iniesta. Kemudian hanya ada satu striker yang menang penghargaan ini, yakni Antonie Griezmann di edisi 2016 lalu. (JPNN.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Lengkap! Donnarumma Jadi Pemain Terbaik EURO 2020, Bikin Rekor Juga“. Pada edisi Senin, 12 Juli 2021.
(Visited 9 times, 1 visits today)

Komentar