Kamis, 18 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



UKW Palu, Ini Pujian Penguji Tempo Institute Terhadap Peserta 

Oleh Admin Hargo , dalam Kabar dari Timur , pada Rabu, 29 Juni 2022 | 04:05 Tag: , , ,
  Peserta UKW Kelas Muda, Tempo Institute di Palu saat foto bersama dengan penguji. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Para peserta Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) Kelas Muda, Tempo Institute, di Palu, Sulteng, dapat pujian dari Penguji, Tulus Wijanarko. Betapa tidak, menurutnya, para peserta UKW kali ini, cukup berkompeten. Sedikit lebih baik, dari para peserta Muda yang pernah ia uji sebelumnya di daerah lain.

Salah satu wartawan senior di Tempo ini berkata, sebenarnya selama menguji di tingkat Muda, paling banyak pihaknya melakukan sharing ilmu. Tujuannya, agar para peserta menjadi lebih profesional, dan punya kemampuan yang lebih bagus.

Wawancara penguji dari Tempo Institute usai UKW di gelar di Palu, Sulawesi Tengah baru-baru ini. (Foto: Istimewa)
Wawancara penguji dari Tempo Institute usai UKW di gelar di Palu, Sulawesi Tengah baru-baru ini. (Foto: Istimewa)

“Saya kira banyak penguji juga sepakat dengan saya, ketika kita menguji di tingkat Muda, sebenarnya paling banyak kita sharing ilmu. Tapi disini, menurut saya, sedikit lebih baik daripada yang saya uji sebelumnya. Saya enggak sebut nama tempatnya ya. Yang saya uji hari ini, di atas rata-rata, sedikit lebih baik daripada sebelumnya,”ujarnya.

Tulus Wijanarko berharap, apabila para peserta telah mendapatkan sertifikat resmi dari Dewan Pers, agar tetap menjaga profesionalitas, menghormati Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Menurutnya, pekerja pers harus menjaga marwah.

“Saya kira ini penting, agar kita selalu memedomani kode etik. Dan kiblat kita adalah kepentingan publik,”kata Tulus Wijanarko.

UKW Palu sendiri, difasilitasi oleh Dewan Pers. Kegiatan yang diikuti oleh 54 peserta ini, melibatkan 4 lembaga uji kompetensi. Yakni, Tempo Institute, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI). 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 25-26 Juni 2022, di Hotel Sutan Raja tersebut, dibuka dan ditutup langsung oleh Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Dewan Pers, Ninik Rahayu.

Proses jalannya UKW Kelas Muda di Palu. (Foto: Abdul Majid Rahman/ HARGO)
Proses jalannya UKW Kelas Muda di Palu. (Foto: Abdul Majid Rahman/ HARGO)

Salah seorang peserta Kelas Muda Tempo, asal Gorontalo, Zulkifli Polimengo, mengaku bangga bisa mengikuti UKW tersebut. Ia menyebut, selain diuji, banyak ilmu yang dibagikan oleh para penguji. 

“Saya ikut di kelas Tempo, banyak sekali yang diajarkan oleh penguji. Misalnya, tentang teknik wawancara dan bagaimana melakukan investigasi. Alhamdulillah banyak, luar biasa pokoknya,” tutupnya. (***)

 

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 130 times, 1 visits today)

Komentar