Selasa, 20 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Undangan Dibatasi, Pengundian Nomor Urut Bakal Sepi

Oleh Berita Hargo , dalam KPU , pada Rabu, 23 September 2020 | 14:45 WITA Tag: ,
  Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Rasyid Sayiu bersama Ketua Bawaslu Kabgor Wahyudin Akili menandatangani Komitmen Bersama Penegakan Disiplin Protokol Covid, Selasa (22/09/2020).


Hargo.co.id, GORONTALO – Pengundian nomor urut Calon Kepala Daerah akan digelar besok, Kamis (24/09/2020). Belajar dari pengalaman Pilkada sebelumnya, pengundian nomor urut ini merupakan tahapan yang selalu mengundang kerumunnan massa. Karena ini biasanya menjadi moment bagi para kandidat calon untuk unjuk kekuatan. Para kandidat akan memobilisasi masa. Gedung tempat pengundian nomor urut akan disesaki massa baik di dalam maupun di luar gedung.

Tapi pada Pilkada kali ini, pemandangan itu sepertinya tidak akan terlihat. Penyelenggaraan Pilkada yang berlangsung saat Pandemi Covid-19, mengharuskan KPU untuk ketat menerapkan protokol kesehatan. Menghindari kerumunan massa di lokasi pengundian nomor urut, KPU membatasi undangan yang hadir.

KPU Kabupaten Gorontalo memutuskan hanya membatasi 5 orang di setiap pasangan calon. Yaitu pasangan calon, satu orang tim penghubung dan 2 orang dari tim kampanye atau partai politik.

“Meskipun partai pengusungnya banyak, tapi yang hadir cukup 2 orang saja,” ujar Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Rasyid Sayiu ketika menghadiri Rapat Koordinasi Peningkatan Hukum Protokol Kesehatan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo, Selasa (22/9) kemarin.

BACA  Hasil Pleno KPU, Nelson Pomalingo Tak Melanggar

Kegiatan itu berlangsung di Restoran Orasawa Gorontalo yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Gorontalo.

Pembatasan ini dilakukan mengingat penyebaran covid 19 yang semakin tidak terkendali. Nanti bagi tim kampanye atau simpatisan yang ingin menyaksikan pengundian nomor urut bisa menyaksikan lewat live streaming yang akan disediakan oleh KPU.

“Untuk lebih jelasnya, teknisnya akan kami bicarakan besok (hari ini, red),” tambah Rasyid.

Sejak diputuskannya Pilkada tetap dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020 mendatang, Penyelenggara Pemilu baik KPU maupun Bawaslu sudah harus siap melaksanakanya.

“Kami ini hanya eksekutor yang siap menjalankan regulasi yang sudah ditetapkan. Apapun keputusan pemerintah, kami akan patuh,” jelas Ketua Bawaslu Kabupaten Gorontalo Wahyudin Akili.

Untuk itu Wahyudin menegaskan akan meningkatkan pengawasan bahkan menindak tegas terhadap pelanggar termasuk dalam penegakan disiplin protokol Kesehatan.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Limboto AKBP Ade Permana, SIK, SH. Kapolres menyampaikan komitmennya dalam hal pengamanan dan lebih hati-hati dalam mengeluarkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) kampanye.

BACA  Sudah Saatnya Perempuan Jadi Pemimpin di Bone Bolango

“Saya imbau kepada peserta pemilu agar memiliki komitmen yang sama. Untuk apa terpilih jika harus menyembuhkan banyak orang yang sakit,” katanya.

Menurut Kapolres, para peserta pemilu maupun tim harus mematuhi PKPU maupun Perbawaslu agar pilkada ini bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada yang namanya klaster Pilkada.

Untuk menindaklanjuti hal ini, seluruh stakeholder yaitu Kapolres Limboto, pemerintah yang diwakili oleh Kesbangpol, Satgas Penanganan Covid, KPU, Bawaslu, media,partai politik dan penghubung menandatangani Komitmen Bersama Peningkatan Disiplin dan Penegaka Hukum Protokol Kesehatan.

Sementara itu, untuk pengundian nomor urut di Pilkada Pohuwato, KPU setempat memutuskan membatasi hanya 7 orang dari masing-masing pasangan calon. Ini diputuskan dalam Rakor KPU Pohuwato, kemarin (22/9).

“Terkait dengan peserta yang hadir dari unsur Bapaslon, itu dibatasi maksimal 7 orang. ,” terang Ketua KPU Pohuwato Rinto Ali.

Rakor itu juga menyepakati teknis pengundian nomor urut. Dimana setiap Bapaslon sebelum diberi kesempatan untuk mengambil nomor urut, harus melewati beberapa tahapan, mulai dari proses registrasi hingga pengambilan nomor yang akan menentukan bapaslon mendapat urutan keberapa saat melakukan pengundian nomor urut.

BACA  Resmi Ditetapkan, Ini Nomor Urut Paslon di Pilkada Pohuwato

“Sebelum mengambil nomor urut, itu ada step-stepnya terlebih dahulu yang harus dilalui Bapaslon. Untuk jadwalnya sendiri, belum ditentutkan, yang pasti bukan malam hari. Karena tim Bapaslon menyarankan untuk tidak dilakukan malam hari, dan ini menjadi bahan pertimbangan kita,” jelasnya.

Pembatasan undangan juga diputuskan KPU Bone Bolango. Yang diundang hanya 7 orang dari masing-masing pasangan calon. Pembatasan ini juga dalam rangka penerapan protokol kesehatan.

“Pengundian nomor urut akan dilaksanakan 24 september pukul 09 pagi, ” ujar Ketua KPU Bonbol Adnan Berahim.

Tapi menurutnya, pengundian nomor urut calon akan diawali dengan penetapan pasangan calon pada Rabu (23/9) hari ini.

Adapun teknis pengundian nomor urut yang sudah diputuskan oleh KPU yaitu sebelum mengambil nomor urut, akan diundi dulu siapa yang berhak mengambil nomor urut duluan. Setelah itu barulah pengundian nomor urut.

“Bagi siapa yang mendapatkan nomor terkecil maka dialah yang akan terlebih dahulu mengambil nomor urut,” ujarnya. (fem/wie/ryn/csr/hg)


Komentar