Selasa, 6 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



UNG Terapkan WFH Selama Pandemi Covid-19

Oleh Berita Hargo , dalam Edukasi , pada Rabu, 24 Maret 2021 | 20:05 WITA Tag: , ,
  Kondisi salah satu ruang kuliah yang ada di UNG sejak diberlakukan WFH. (Foto; Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Semenjak pandemi Covid-19 menyebar luas diseluruh dunia, termasuk Indonesia, membuat berbagai sector mengalami kelumpuhan, termasuk sector pendidikan. Hingga saat ini, tak hanya sekolah saja yang memberhentikan proses belajar mengajar, akan tetapi universitas pula melakukan hal yang sama.

Sampai dengan saat ini, salah satu universitas terbesar di Gorontalo yakni Universitas Negeri Gorontalo (UNG), telah menerapkan system Work From Home (WFH) selama pandemi covid-19 berlangsung. Bahkan hal ini diperkuat dengan adanya surat edaran dari Rektor UNG yang mewajibkan seluruh kegiatan kampus dialihkan secara online atau secara daring, termasuk sistem pelayanan ataupun perkuliahan dilakukan dari rumah masing-masing.

BACA  Bulan Sastra HMJ UNG 2021 Dilakukan Daring

Salah seorang mahasiswa UNG Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Abdul Hafid menuturkan, penerapan WFH di UNG membawa dampak positif dan negatif bagi mahasiswa. Untuk dampak positif penerapan system WFH yakni, pada penerapan sistem pelayanan di fakultas dan di universitas kini telah dilakukan secara digital, sehingga digitalisasi pelayanan ini memberikan kemudahan kepada mahasiswa

“Meski demikian, penerapan WFH ini pula turut mendapatkan beragam tanggapan dari mahasiswa. Dampak yang cukup besar bagi pemberlakuan WFH ini menurut saya pribadi adalah dampak psikologis mahasiswa, sebab kami sebagai mahasiswa terbiasa untuk melakukan interaksi secara langsung. Namun dengan keadaan sekarang, kami hanya di rumah saja dan menyelesaikan segala urusan kampus dengan interaksi jarak jauh,” ungkapnya.

BACA  Sebanyak 400 Mahasiswa UNG Diwisuda, Masih Gunakan Drive Thru

Di tengah penerapan WFH di lingkungan UNG, pihak kampus terus melakukan segala upaya yang nantinya akan sesuai dengan keinginan dan kemauan mahasiswa. Hanya saja sistemnya yang agak sedikit berbeda dari yang biasanya dilakukan secara tatap muka, kali ini harus dilakukan secara online ataupun daring.

BACA  Jawara Peksiminas Kategori Menulis Puisi Disabet Mahasiswa UNG

Hingga berita ini diturunkan, belum ada kepastian kapan UNG akan kembali dibuka seperti biasa. Namun saat ini, upaya untuk terus menekan angka penyebaran covid-19 terus dilakukan. Salah satunya dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Dengan demikian, harapan dari mahasiswa untuk bisa kembali menikmati suasana kampus seperti biasanya akan segera terwujud. (alwi/ung/hargo)


Komentar