Jumat, 26 Februari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Untuk Petugas Pelayan Publik, Vaksinasi Covid-19 Dimulai Maret 2021

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Sabtu, 13 Februari 2021 | 17:05 WITA Tag: , ,
  Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 untuk petugas pelayanan publik dimulai pada Maret hingga April 2021 mendatang. (YouTube Sekretariat Presiden/Antara)


Hargo.co.id, JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 untuk petugas pelayanan publik dimulai pada Maret hingga April 2021 mendatang.

“Dari Maret sampai April. Kalau kita sudah bisa Februari, maka mulai Februari. Tapi diselesaikan sampai April,” ujar Nadia sebagaimana dilansir JawaPos.com, Sabtu (13/2).

Nadia juga menjelaskan yang dimaksud Presiden Joko Widodo (Jokowi) bukan vaksin untuk masyarakat umum. Melainkan terlebih dahulu kepada petugas pelayanan publik.

“Petugas pemberi pelayanan publik itu ada guru, pedagang pasar, ASN, TNI, Polri kemudian pejabat negara,” sebut Nadia.

BACA  Maksimalkan Tracing Covid-19, Polri Kerahkan 40 Ribu Bhabinkamtibmas Seluruh Wilayah

Nadia mengatakan, pihaknya menargetkan sebanyak 17,4 juta dosis vaksin Covid-19 bagi petugas pelayan publik. Namun, saat ini vaksin tersebut masih menunggu produksi dari Bio Farma.

“Karena kita masih menunggu progres bagaimana produksi vaksin oleh Biofarma dan izin dari BPOM,” ungkapnya.

Untuk vaksinasi Covid-19 kepada petugas pelayanan publik, Kementerian Kesehatan sudah melakukan validasi data. Kemudian memastikan tempat-tempat mana saja untuk vaksinasi tersebut.

BACA  Soal Nasib Kompol Yuni, Kadiv Propam: Saya Pastikan Dipecat dan Dipidana!

“Yang pasti validasi sama rekonfirmasi sasaran, kemudian juga memastikan tempat-tempat pelaksanaan untuk vaksinasi tersebut,” katanya.

Kementerian Kesehatan juga tengah mempersiapkan apakah dimulai dari Pulau Jawa dan Bali atau pulau lain terlebih dahulu. “Mungkin prioritasnya kita lihat apakah dimulai di Jawa-Bali dahulu atau kemudian ada juga di luar Jawa-Bali,” tuturnya.

Sekadar informasi, merujuk pada Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 yang disusun Kementerian Kesehatan, petugas pelayanan publik yang dimaksud adalah TNI, Polri dan aparat hukum.

BACA  Dikawal Ketat, 2.320 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Pohuwato

Kemudian vaksinasi tahap dua juga menyasar petugas pelayanan publik lain seperti petugas bandara/pelabuhan/stasiun/terminal, petugas perbankan, petugas Perusahaan Listrik Negara (PLN), perusahaan daerah air minum (PDAM), serta petugas lain yang terlibat secara langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.(ep/gw/jawapos/hargo)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “Vaksinasi Covid-19 untuk Petugas Pelayan Publik Dimulai Maret 2021“. Pada edisi Sabtu, 13 Februari 2021.

Komentar