Rabu, 3 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Upacara di Pendaratan Soekarno Danau Limboto

Oleh Aslan , dalam Gorontalo , pada Jumat, 18 Agustus 2017 | 11:00 WITA Tag: , ,
  UPACARA yang dilaksanakan oleh Bank BTN dalam peringatan ulang tahun Republik Indonesia yang ke 72, di pendaratan Sovekarno. Kamis (17/8). Insert : Dirut btn Maryono sebagai Irup .


GORONTALO Hargo.co.id – Masih dalam rangkaian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) Bakti untuk Negeri, kali ini Bank Tabungan Negera (BTN) melaksanakan kegiatan upacara bendera dalam rangka peringatan ulang tahun yang ke 72 Republik Indonesia, di museum pendaratan pesawat ampibi soekarno, Desa Iluta, Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo, atau tepatnya dibagian perairan danau limboto. Kamis (17/8).

Kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih 200 peserta, yang terdiri dari unsur pemerintah kabupaten Gorontalo, masyarakat nelayan, serta para pegawai Bank, para veteran juga terlihat dalam upacara ini.

Yang bertindak sebagai inspektur upacara adalah Dirut BTN, Maryono, yang menjadi komanadan upacara adalah pembantu letnan satu Suyanto, dari anggota 1304 Gorontalo.

Dan pengibar bendera adalah paskibraka dan alumni paskibraka, mereka adalah Braenaldi Djou alumni SMA N 1 Gorontalo, Rey Basiru Alumni SMA N 3 Gorontalo, dan Fadila Demona Anis yang masih siswa SMA N 3 Gorontalo.

BACA  Ini Permintaan Gubernur Gorontalo Usai Melantik Tiga Kepala Daerah

Hadir juga Asisten Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan Jasa Survey dan Konsultan II Kementerian BUMN, Wien Irwanto dan Direktur Bank BTN Budi Satria.

Pengibaran bendera pun dilaksanakan tepat diatas danau limboto, serta para peserta nelayan menyaksikannya dari atas perahu di danau limboto, ini adalah pemandangan yang sangat indah terlihat, merah putih berkibar diatas danau limboto.

“Kita pilih tempat ini, karena sejarahnya, presiden soekarno mengunjungi Gorontalo, lewat tempat ini, dan danau limboto menjadi salah satu pusat perekonomian di Gorontalo,” kata Dirut BTN, Maryono.

Dalam pidatonya saat Upacara Bendera, Maryono memberikan pesan khusus mengenai HUT Kemerdekaan RI 72 mengenai peran Generasi Muda untuk menjaga kesatuan RI. Peran Generasi Muda sangat krusial di tengah arus informasi yang berkembang lewat media sosial.

Didukung perkembangan teknologi informasi, peran media sosial bisa menjadi pisau bermata dua yang berpotensi memecah belah bangsa, dan sisi lain menjadi media untuk memperat toleransi dan saling menghormati. “Oleh karena itu generasi muda harus terus menggaungkan semangat bahwa kita Indonesia, kita ini Pancasila, ” kata Maryono.

BACA  Kadis PUPR dan Perkim Provinsi Gorontalo Raih Profesi Insinyur

Sementara itu dalam mendukung pemerintah untuk membangun daerah yang belum berkembang diwujudkan secara nyata oleh Bank BTN dalam program bantuan sosial. Pada kesempatan ini, Bank BTN menyerahkan bantuan berupa 6 unit perahu senilai Rp 100 juta ke Kadis UMKM Kabupaten Gorontalo Ayuba SG.

Perahu tersebut diperuntukan bagi masyarakat sekitar danau Limboto. Sementara di sektor pariwisata, Bank BTN juga menyerahkan bantuan rehabilitasi untuk 2 unit homestay atau rumah singgah di Desa Wisata Bahari Olele sebesar Rp 100 juta yang diserahkan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Resma Kabakoran.

Upacara Bendera yang digelar 17 Agustus 2017 merupakan puncak acara dari rangkaian kegiatan Program BUMN Hadir untuk Negeri yang digelar Bank BTN di Provinsi Gorontalo. Rangkaian kegiatan sudah dimulai sejak April lalu, diantaranya Program Siswa mengenal Nusantara (SMN).

BACA  Wagub Minta Elemen Masyarakat Gorontalo Dilibatkan Tanggulangi Terorisme

SMN diikuti oleh 20 pelajar kelas XI SMAN, SMKN dan SLB yang terpilih untuk diberangkatkan dari Gorontalo tanggal 23 Juli 2017 ke Pontianak, dan kembali ke tanah kelahiran tanggal 1 Agustus 2017.

Selain SMN, Bank BTN juga melakukan Bedah Rumah Veteran yang direalisasikan untuk 15 rumah veteran di Gorontalo serta acara jalan sehat dan pasar sembako murah di Taman Kota akhir pekan lalu.

Sementara itu, pembawa baki bendera merah putih Fadila Demona Anis menyampaikan rasa senang dan bangganya bisa mengibarkan bendera merah putih diatas danau limboto.
“Saya sangat senang bersama dengan teman-teman paskibraka bisa mengibarkan bendera merah putih, dalam upacara Bank BTN di Danau Limboto,” ungkap siswa SMA N 3 Gorontalo ini.(wan/hg)


Komentar