Sabtu, 11 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Upaya Pemerintah Akan Sia-sia,  Jika Warga Tak Ikut Imbauan

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo , pada Sabtu, 16 Mei 2020 | 01:05 WITA Tag:
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menyampaikan sambutan pada penyerahan secara simbolis bantuan bahan pokok kepada masyarakat Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo, Jumat (15/5/2020). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id GORONTALO – Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menangani Covid – 19. Mulai dari imbauan menjaga kesehatan, physical dan sosial distancing hingga mengusulkan PSBB yang akhirnya disetujui oleh Kemenkes RI.

Akan tetapi, semua usaha itu akan sia-sia apabila masyarakat membandel dengan upaya pemerintah tersebut. Ini sebagaimana disampaikan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pada penyerahan bantuan bahan pokok secara simbolis kepada 1.000 warga di Kecamatan Kota Selatan, Jumat (15/05/2020) yang dihadiri Walikota Gorontalo Marten Taha.

BACA  BPJAMSOSTEK Sediakan Vokasi Gratis Bagi Pekerja Korban PHK

“Segala macam cara sudah ditempuh oleh pemerintah, agar bisa menekan angka penularan virus corona ini. Namun semua akan semakin sia-sia, jika tidak ada kesadaran diri dari masyarakat. Misalnya masyarakat masih ngeyel (tidak patuh) dari himbauan-himbauan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah,” ucap Rusli Habibie.

Rusli Habibie juga menyampaikan, hari ini Gorontalo ketambahan lagi satu pasien positif corona yang berasal dari Kelurahan Padebuolo, Kota Gorontalo. Bagi Rusli Habibie, riwayat pasien 22 ini cukup unik. Pasien bukan termasuk keluarga yang sebelumnya tertular, bukan pula orang yang kontak erat dengan orang di luar Gorontalo.

BACA  Gubernur Pastikan Korban Banjir Terima Bantuan Sembako

“Pasien 22 ini seorang tukang jahit. Dia masuk kategori klaster baru. Setelah ditelusuri ternyata dia sering keluar rumah dan jarang pakai masker. Ini kenapa selalu kami tekankan patuhi aturan. Pakai masker, diam dulu di rumah, sering cuci tangan. Jujur pikiran kami sudah mendekati stres. Kalau kata pak wali, pikiran kami sekarang istilahnya kaki di kepala kepala di kaki,” bebernya.

BACA  Diterima Hamim Pou, Pemkot Bitung Bantu Korban Banjir di Bone Bolango

Di akhir arahannya gubernur kembali mengingatkan tentang transparansi bantuan. Ia meminta pihak desa dan kelurahan mendata betul betul masyarakat yang berhak menerima bantuan. Karena akhir-akhir ini, semakin banyak WA yang masuk di nomor pribadi gubernur, untuk mengadukan bahwa mereka belum menerima bantuan.

Sementara, bantuan bahan pokok yang diserahkan Pemprov Gorontalo secara gratis yang bersumber dari Baznas dan Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo itu diterima oleh 1.000 warga Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo.(adv/rwf/hg)


Komentar