Rabu, 20 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Upaya Perekaman KTP-el Tak Sia-sia, Dukcapil Kabgor Dapat Reward

Oleh Deice Pomalingo , dalam Gorontalo Headline , pada Rabu, 9 Desember 2020 | 01:24 WITA Tag:
  Kepala Dukcapil Kabupaten Gorontalo, Muhtar Nuna


Hargo.co.id, GORONTALO – Upaya perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) oleh di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Gorontalo, tak sia-sia. Buktinya, kinerja mereka dibayar tuntas dengan pemberian reward atau penghargaan dari Kementrian Dukcapil.

Ini diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Muhtar Nuna, ketika dihubungi media ini, Menurutnya, dirinya baru mendapatkan informasi jika Kabupaten Gorontalo mendapatkan penghargaan atau reward itu berupa  Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

“ADM ini sendiri memang hanya didapatkan oleh beberapa daerah yang melaksanakan Pilkada. Hanya ada beberapa daerah dan itu mungkin karena Kabupaten Gorontalo sebagai daerah yang terbesar dalam proses perekrutan data perekaman KTP-el yang tepat waktu,” jelas Muhtar Nuna.

BACA  Gubernur Minta Situs Otajin Jadi Paket Wisata Pantai Minanga

Lanjut katanya, saat ini pengelolaan data sudah maksimal, begitu kita masukkan di sini langsung masuk di server. Sehingga tak menunggu lama, datanya sudah masuk server pusat. Hasil evaluasi dari Kementrian ADM ini sendiri, dipastikan lebih mudah, dimana mesin ini seperti ATM.

“Jadi kita masuk layaknya ATM biasa tinggal memasukkan dokumen datanya dan diproses sehingga tak menunggu lama. Layaknya seperti ATM, dimana kita masukkan Pin dan kartu, maka tak menunggu lama akan muncul pilihan ingin mencetak KTP atau akta kelahiran dan lainnya. Begitu dipilih salah satunya, tak lama menunggu keluar kartunya,” jelasnya.

BACA  Polsek Boliyohuto Terus Mengimbau Warga Agar Patuhi Protokol Kesehatan

Lalu kapan undangan itu dipenuhi?

“Insya Allah, saya akan hadir pada Kamis, 10 Desember 2020. Tidak bisa diwakili untuk menerima reward tersebut. Jika dilihat harga mesin tersebut sekitar Rp 350 juta. Semoga dengan begitu pelayanan akan semakin baik,” harap Muhtar Nuna.

Masih pada kesempatan yang sama, Muhtar Nuna menkelaskan, upaya Dukcapil untuk perekaman KTP-el, khususnya untuk pelaksanaan Pilkada, memang sangat optimal. Sejak Januari sudah dilakukan perekaman dan pada Maret atau saat Covid-19 mulai mewabah, perekaman terhenti akibat penerapan sosial distancing.

BACA  Unsur Tiga Pilar di Dungingi Gencar Gelar Razia Protokol Kesehatan

Pada Agustus saat memasuki new normal Dukcapil Kabupaten Gorontalo membuat program Layanan Identitas Data Antar (LIDA). Bekerja sama dengan dengan kecamatan dan KPU untuk melakukan perekaman KTP-el hingga ke desa-desa.

“Di mana dengan program tersebut  kita mendapatkan para lansia yang sulit berjalan dan lainnya. Sehingga dengan penerapan pogram LIDA ini memaksimalkan perekaman KTP-el,” katanya.

Informasi yang beredar, selain Dukcapil Kabupaten Gorontalo, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Gorontalo juga mendapat undangan ke pusat. (wie/hg)


Komentar