Sabtu, 4 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



UPTD Pengelolaan Air Limbah Domestik Tengah Dipersiapkan 

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Rabu, 10 November 2021 | 16:05 PM Tag: ,
  Kepala UPBJ Gorontalo Utara, Haris Latif

Hargo.co.id, GORONTALO – Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR) Gorontalo Utara (Gorut) terus memaksimalkan persiapan infrastruktur terkait dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Air Limbah Domestik. Ini berhubungan dengan pemanfaatan mobil tinja yang merupakan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang sudah ada sejak 2019.

Menurut Kepala Dinas PUPR Gorontalo Utara, Haris Latif, pihaknya bukannya sengaja membiarkan hal ini berlama-lama. Jika pandemi Covid-19 tak ada, ini dipastikan telah selesai persiapannya dan pemanfaatan mobil tinja tersebut sudah berjalan. 

“Lokasi UPTD dan pengelolaan air limbahnya bertempat di Desa Mootinelo, Kecamatan Kwandang. Bangunannya sudah ada, hanya saja untuk infrastruktur dan fasilitas lainnya itu yang sampai saat ini masih terus dilengkapi,” kata Haris Latif.

Terkait pemasangan instalasi listrik, kata Haris Latif, telah dilakukan, karena sejak diserahkan tidak ada instalasi listriknya. Kemudian untuk bak penampung pengolahan itu juga telah dibangun.

“Sekaligus untuk zat kimianya juga telah disiapkan agar tidak berbau. Semuanya telah ada di bagian cipta karya, hanya saja belum diangkut ke tempat pengolahan,” jelasnya.

Saat ini tengah dilakukan rekrutmen untuk kepala UPTD, dan juga para pegawainya . Diharap tahun ini juga dapat dilaksanakan. Sehingga untuk 2022 mendatang, UPTD tersebut sudah berjalan. Terkait regulasinya, sudah ada Perda-nya, hanya saja yang belum terkait dengan peraturan bupati soal retribusinya. 

“Dan satu lagi yang sudah dilaksanakan yakni rekrutmen terhadap sopir, dan pekan depan mereka akan dikirim ke Kota Gorontalo untuk mengikuti training pengoperasian mobil tersebut,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman 

(Visited 7 times, 1 visits today)

Komentar