Rabu, 25 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ustaz Pembimbing Roger Danuarta Syahadat, Telah Wafat

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Nusantara , pada Sabtu, 22 Agustus 2020 | 20:05 WITA Tag: , ,
  Ustaz Insan Mokoginta, saat membimbing Roger Danuarta mengucapkan dua kalimat syahadat tahun 2018 lalu. (foto : istimewa)


Hargo.co.id, JAKARTA – Menyebut nama Ustaz Insan Mokoginta mungkin salah satunya akan terhubung dengan nama artis Roger Danuarta. Ustaz yang juga dikenal sebagai kristolog asal Kotamobagu itu, yang membimbing Roger Danuarta mengucap dua kalimat syahadat, dan menjadi mualaf, beberapa tahun lalu.

Kini Ustaz Insan Mokoginta telah tiada. Kabar dukanya dengan cepat menyebar, Kamis (20/08/2020) malam.

“Bismillah, Innalillahi wainna ilaihi raajiuun. Berita duka. Umat kehilangan lagi seorang da’i yang selama ini seluruh sisa hidupnya diabadikan untuk berdakwah, Ustaz Insan Mokoginta, di Rumah Sakit Eka Hospital BSD,” tulis Instagram Mualaf Center Indonesia, dikutip detikCom.

BACA  Massa HRS Membeludak, Ruhut Mengaku Khawatir

Disebutkan dalam Instagram tersebut, Ustaz Insan Mokoginta direncanakan untuk mengisi acara peresmian Rumah Tahfiz di BSD, Tangerang, Kamis (20/8).

Setelah shalat magrib, berdzikir, habis itu shalat sunnah ba’diyah maghrib. Namun belum sampai selesai, Ustaz Insan Mokoginta jatuh dan pingsan.

Detik-detik ustaz terjatuh, terekam dalam sebuah video amatir. Setelah dibawa ke rumah sakit, ustaz terlebih dahulu menghembuskan nafas terakhir.

“Semoga Allah Ampuni semua dosa dan khilafnya. Dan Allah berikan kesabaran kepada keluarganya,” begitu tambahan di Instagram yang sama.

Ustaz Insan Mokoginta disebut ustaz yang membimbing artis Roger Danuarta masuk Islam dengan membaca dua kalimat syahadat. Roger resmi beragama Islam sejak 29 Oktober 2018 dengan dibimbing oleh Ustad Insan Mokoginta.

BACA  Masyarakat Jangan Ragu Periksa Kesehatan Jika Alami Gejala Covid-19

Menurut Amru, peristiwa itu terjadi di rumah Ustad Insan di Bekasi.

Ustaz Insan Mokoginta juga dikenal sebagai Kristologi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kristologi adalah cabang teologi yang mempelajari sifat, karakteristik, dan perbuatan Yesus.

Selain itu Ustaz Insan Mokoginta merupakan da’i Dewan Dakwah Islam Indonesia. Sebelum menjadi ustaz, Insan Mokoginta merupakan seorang mualaf. Ia lahir dari seorang ibu muslim dan ayahnya non muslim.

Karena lingkungannya, ia juga pernah memeluk agama Katolik. Namun setelah dewasa ia memutuskan memilih sendiri agama yang ia yakini. Ia memeluk bergama Islam pada usia 31 tahun atau sejak 1980 di Masjdi Al Muqarabin Muhammad Hafidz di Kelapa Dua Cimanggis Depok.

BACA  Arab Saudi Kembali Tutup Akses Umrah untuk Jemaah Indonesia

Ustaz kelahiran Kotambagu, 8 September 1949 ini terus mendalami Islam, dan terjun di dunia dakwah.

Karena sempat memeluk agama Katolik, ia memulai kariernya sebagai kristolog. Ia menulis buku kristologi hingga tersebar di baca oleh umat di Indonesia.

Tak hanya itu, langkah nyata juga ia lakukan hingga ke luar negeri. Ustadz Insan mendirikan perpustakaan Birrul Walidain di Hongkong. (hg/gp)


Komentar