ramadan2024
Legislatif

Usulan di Musrenbangdes Harus Mengacu pada RPJMDes

×

Usulan di Musrenbangdes Harus Mengacu pada RPJMDes

Sebarkan artikel ini
PAW almarhum Ali Polapa - Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Sukarman Humonggio - Usulan di Musrenbangdes Harus Mengacu pada RPJMDes
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Gorontalo, Sukarman Humonggio.

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo, Sukarman Humonggio menegaskan, musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrenbangdes) adalah sebuah wadah untuk menyepakati program prioritas tahunan yang sebelumnya telah ditetapkan dalam Rencana Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dalam satu periode kepala desa atau 6 tahun.

Berita Terkait:  Pemilu Telah Usai, Saatnya Kembali Genjot Kinerja

badan keuangan

“Sesuai regulasi yang ada, rujukannya RPJMDes. Di situ kan termuat program-program. Dan dari sekian banyak program, itu dipilah dalam RKPDes. Nah, itu yang kemudian dibahas dalam Musrenbangdes dan menjadi skala prioritas,”¬† tutur Sukarman Humonggio, Senin (26/2/2024).

Ia mengatakan, jika mekanisme itu dilalui dengan proses yang jelas dan sesuai ketentuan yang ada, maka arah kebijakan pembangunan desa dalam satu periode kepala desa dapat terencana dan terlaksana dengan baik.

Berita Terkait:  Program Kurikulum Merdeka Belajar, Syam: Dapat Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Example 300250

“Sehingga dengan mekanisme itu, apa yang direncanakan misalnya dalam lima tahunan, sudah dapat dicicil programnya setiap tahun dan itu masuk dalam program prioritas. Agar tidak semua program yang direncanakan masuk sekaligus dalam satu tahun anggaran, makanya itu ada skala prioritas,” terangnya.

Di samping itu juga, program yang diusulkan dalam Musrenbangdes disesuaikan dengan kewenangan.

Berita Terkait:  Sehari Reses di 5 Titik, Warga: Wawan Hatama Benar-benar Peduli dengan Kami

“Artinya, ada yang bisa dicover lewat dana desa, kemudian swakelola, ada yang lewat APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN. Sehingga, setiap program bisa saja berbeda kewenangan dan juga disesuaikan dengan kemampuan keuangan,” jelasnya.

Ramadhan 2024

Namun demikian, Aleg dua periode itu menyatakan, dengan sistem pengelolaan keuangan daerah sudah menggunakan SIPD, maka setiap usulan dan pengajuan program kegiatan sudah terencana dengan baik, sehingga bisa dipastikan mana yang menjadi skala prioritas masuk dalam perencanaan pelaksanaan tahunan.

Berita Terkait:  Ikut Terdampak Banjir, Ketua DPRD Gorut Tetap Turunkan Tim Bantu Warga

“Sistem perencanaan pemerintah sekarang ada yang namanya, sistem SIPD. Jadi, semua program prioritas yang diusulkan pemerintah desa, kemudian DPRD melalui pokir harus masuk semua. Sehingga semua sudah harus direncanakan dengan baik, agar program dapat direalisasikan,” tandas Sukarman Humonggio.(*)

Penulis: Deice 

Berita Terkait:  Setoran Pajak Hotel Hanya Dikisaran Rp. 1 Juta, Idris: Masih Mending Pedagang Tomat



hari kesaktian pancasila