Senin, 25 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Vaksin Covid-19 Bakal Sasar 1.041 Warga Gorontalo Utara

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 8 Januari 2021 | 14:05 WITA Tag: , ,
  Kadis Kesehatan Gorontalo Utara, Rizal Y. Kune (kanan) saat mendapmpingi Bupati, Indra Yasin pada rapat persiapan pelaksanaan vaksin. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Pemberian vaksin Covid-19 pada 13 dan 14 Januari 2021 mendatang, bagi Gorontalo Utara sudah siap. Sebanyak 1.041 warga Gorontalo Utara siap diberi vaksin guna mencegah penyebaran Covid-19.

Ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, Rizal Yusuf Kune saat ditemui di kantornya, Kamis (07/01//2020). Menurutnya, Gorontalo Utara siap menerima vaksin Covid-19 dan sebanyak 1.041 orang akan divaksin.

“Kami sudah siap dan nama-nama yang akan disasar telah selesai disampaikan melalui sistem elektronik. Tinggal menunggu waktu pelaksanaannya saja,” ungkap Rizal Yusuf Kune.

BACA  Unsur Tiga Pilar di Dungingi Gencar Gelar Razia Protokol Kesehatan

Terkait lokasi pemberian vaksin, Rizal Yusuf Kune mengungkapkan jika lokasinya di depan Kantor Bupati Gorontalo Utara. Peserta pertama yakni kepala daerah, sekretaris daerah dan Kadis Kesehatan setrta tokoh masyarakat.

“Untuk pelaksanaan vaksin selanjutnya itu akan dilakukan pada 14 Januari serentak pada 15 Puskesmas yang tersebar di Gorontalo Utara,” tegasnya.

Nantinya yang akan menjadi sasaran dari pelaksanaan vaksin tersebut itu dari tenaga kesehatan (nakes) para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur TNI dan Polri dan guru yang bersentuhan langsung dengan pelayanan masyarakat serta tokoh agama dan masyarakat.

BACA  Indonesia Amankan Pasokan 100 Juta Dosis Vaksin COVID-19

“Namun tidak menutup kemungkinan jika ada masyarakat yang akan mendaftar untuk mengikuti pelaksanaan vaksin, juga tidak masalah. Hingga saat ini sudah ada masyarakat yang mendaftarkan diri,” ungkap Rizal Yusuf Kune.

Untuk keamanan vaksin tersebut, kata Rizal Yusuf Kune, pastinya akan dilakukan penjagaan, baik dari sisi keamanannya maupun dari sisi keamanan vaksin tersebut.

“Pengawalan kita sudah siap baik itu untuk pengawasan maupun penjagaan dibuat jadwal khusus dan juga ada tenaga kesehatan yang menjaga 1 x 24 jam vaksin tersebut karena suhunya harus tetap dingin agar kualitasnya tetap terjaga,” ujarnya.

BACA  Polsek Dungingi Tutup Sejumlah Mini Market

Selanjutnya, akan digelar rapat lanjutan terkait dengan kesiapan lanjutan terhadap pelaksanaan vaksin.

“Juga akan ada semacam tim yang disiapkan pasca pelaksanaan imunisasi untuk menangani gejala ringan yang dirasakan pasca imunisasi yang namanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang terdiri dari dokter dan tenaga medis lainnya yang telah dikeluarkan Surat Keputusan,” kuncinya. (abk/adv/hg)


Komentar