Monday, 26 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Vaksin Covid-19 Gratis, Warga Membludak Datang ke Lokasi

Oleh Berita Hargo , dalam Ragam , pada Wednesday, 23 June 2021 | 03:05 AM Tags: , ,
  Vaksin untuk mencegah Covid-19 digelar secara gratis di Upnormal oleh Polri, Selasa (22/06/2021). (Foto: Rita Setiawati/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Upaya untuk memutus mata rantai Covid-19 terus dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Polsek Kota Utara, Kota Gorontalo yang menggelar vaksinasi pada Selasa (22/06/2021) di Upnormal. 

Informasi yang berhasil dihimpun, vaksinasi dimulai pada pukul 08.00 Wita itu, dibanjiri warga. Mereka rela antri berjam-jam guna mendapat vaksin secara gratis yang mana syaratnya cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan berusia minimal 18 tahun. 

Vaksinasi tersebut menggunakan vaksin Sinovac untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2 atau Covid-19. Vaksin Sinovac yang dikenal dengan nama Corona ac sudah mendapat izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. 

  Antrian warga yang membludak ikut vaksinasi. (Foto: Rita Setiawati/HARGO)

Antrian warga yang membludak ikut vaksinasi. (Foto: Rita Setiawati/HARGO)

“Pendaftaran melalui proses screening dari meja satu sampai ke meja terakhir sehingga orang yang dinyatakan sehat dan layak akan mendapatkan penyuntikan vaksin sebaliknya jika dinyatakan tidak sehat akan dipulangkan,” kata Kapolsek Kota Utara, Iptu Ricky Purnawan Parmo, S.Hi.

Dirinya menambahkan, pada hari pertama, mendaftar berjumlah kurang lebih 500 orang dan yang sudah divaksin kurang lebih 100 orang. Apakah vaksinasi tersebut hanya untuk masyarakat yang tinggal di Gorontalo? 

“Tidak. Sejauh ini yang mendaftar hanya warga Gorontalo, kalau memang ada yang dari luar Gorontalo dan mempunyai KTP akan tetap kita layani,” ujarnya. 

Setelah dilakukan vaksin perdana, vaksin kedua dilakukan pada 21 Juli 2021 di tempat yang sama. Jadi masyarakat yang melakukan vaksinasi sekarang, nanti akan dijadwalkan kembali untuk melakukan vaksinasi tahap kedua.

Berdasarkan pantauan Hargo.co.id masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi gratis ini sangat membludak. Bahkan banyak warga yang harus mengantri dari jam 8 untuk mendapat vaksin gratis ini. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Pratiwi Uli, salah seorang warga yang antri sejak pukul 08.00 Wita, namun hingga menjelang siang belum juga dipanggil. Rupaya, antrian vaksinasi tersebut mengutamakan Lansia yang berumur 60 tahun ke atas. (rita/hargo)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Komentar