Selasa, 24 Maret 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Vaksin Tak Kosong, Dokter Irma: Yang Kosong Serum Anti Rabies

Oleh Berita Hargo , dalam Indonesia 99 Kata Metropolis , pada Senin, 9 Desember 2019
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Beredarnya kabar bahwa vaksin telah kosong di Puskesmas Atinggola, ternyata tak benar. Menurut Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Manular, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Irma Cahyani, vaksin di provinsi Gorontalo cukup banyak.

“Sebenarnya yang kosong itu adalah Serum Anti Rabies (SAR). Saat ini, hanya ada di Pohuwato, dan itupun dijemput di pusat sejak dua pekan lalu,” kata Dokter Irma Cahyani.

Baca Juga: Vaksin Kosong, Korban Anjing Gila Dirujuk ke RS Bunda

Lanjut katanya, SAR digunakan ketika korban dilakukan pengobatan lanjutan. Biasanya, pengobatan lanjutan dilakukan saat gigitan berada pada tangan dan wajah atau bagian tubuh yang banyak terdapat saraf.

“Jadi, saya tegaskan kembali. Vaksin di Gorontalo cukup banyak. Yang tidak ada yakni Serum Anti Rabies. Saat ini di Provinsi Gorontalo hanya ada di Pohuwato, dan teman-teman sementara menjemputnya,” tegas Irman Cahyani seraya menginformasikan jika kini korban sudah empat orang.

Sebelumnya telah diberitakan bahwa tiga korban gigitan anjing gila telah dirujuk ke RS Bunda karena vaksin kosong di Puskesmas Atinggola. (red/hg)