Selasa, 27 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Vaksin Tak Menggantikan 3M, Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Jumat, 16 Oktober 2020 | 22:31 WITA Tag: , , ,
  Ilustrasi Vaksin Covid-19


Hargo.co.id, JAKARTA – Meskipun kelak sudah diberi vaksin Covid-19, masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan 3M. Yaitu, wajib memakai masker, wajib mencuci tangan, wajib menjaga jarak.

Ini ditegaskan Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio dalam webinar, Rabu (14/10/2020). Sebab, kata dia, meskipun vaksin akan muncul, virus tersebut akan ada. Bahkan, bisa saja menjadi infeksi baru.

BACA  Tanggulangi Covid-19, Dana Darurat Itu Penting

“Sampai saat ini kita sambil menunggu vaksin tetap harus 3M, setelah ada vaksin kita tetap harus 3M. Karena bukan berarti vaksinnya tersedia, pandeminya selesai. Karena kita belajar dari pengalaman cacar, dibutuhkan waktu 200 tahun untuk memastikan dunia ini bebas cacar,” terang dia.

BACA  Kabupaten Gorontalo Butuh Alat Penanganan Covid-19

Maka dari itu, dia dengan tegas meminta masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, baik sebelum dan setelah ada vaksin.

“Mudah-mudahan kita tidak perlu menunggu 200 tahun untuk mengeliminasi Covid-19 ini (seperti cacar). Intinya vaksin tidak menggantikan 3M, harus tetap menggunakan 3M ini,” tutupnya.

BACA  Bahas Penanganan Covid-19, Kepala BNPB Berkunjung ke Gorontalo

Saat ini banyak negara yang mengembangkan vaksin Covid-19, termasuk Indonesia dengan Vaksin Merah Putih. Harapannya, pada awal 2021 vaksin sudah bisa disuntikkan kepada masyarakat. (***)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar