Friday, 24 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Vaksinasi di Gorontalo Utara Capai 46 Persen, Pekan Depan Target 52 Persen

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Tuesday, 14 September 2021 | 12:05 PM Tags: , ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin

Hargo.co.id, GORONTALO – Sejak dua pekan terakhir ini, pemerintah Gorontalo Utara (Gorut) telah menggenjot realisasi vaksin Covid-19. Hasilnya, jumlah warga yang ikut vaksinasi bertambah sekitar 9 persen.

Hal ini disampaikan Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin usai mengikuti rapat Forkopimda Provinsi Gorontalo, Senin (13/09/2021). Rapat tersebut dalam rangka percepatan capaian vaksinasi Covid-19 dan optimalisasi peran masyarakat di tiap-tiap desa serta mencegah kerumunan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten/Kota melalui zoom meeting.

“Jika dihitung dalam dua pekan terakhir, angka tersebut naik kurang lebih 9 persen. Didasarkan data cakupan vaksinasi untuk dosis I, II dan III. Saat itu, data realisasi vaksinasi baru mencapai kurang lebih 37 persen. Saat ini, sudah 46,35 persen,” kata Indra Yasin.

Lanjut kata Indra Yasin, terjadi percepatan lonjakan dalam kurun waktu dua pekan terakhir. Kini Gorontalo Utara dalam percepatan realisasi vaksinasi yang sebelumnya berada di posisi 4, kini naik ke posisi 3 di Provinsi Gorontalo. 

“Target pekan depan berusaha melampaui Boalemo, berada pada posisi 2 realisasi vaksinasi Covid-19,” kata Indra Yasin dengan optimis. 

Indra Yasin lantas memprediksi pada 13 September 2021 mendatang realisasi vaksin di Gorontalo Utara bakal mencapai 52 persen. Alasannya, saat ini vaksinasi terus berjalan dan setiap hari ada peningkatan sebanyak 1 persen. 

“Jika itu berjalan sesuai harapan, maka akhir September, sekitar 60 persen. Sehingga target kita Oktober kalau hanya 26 hari kerja di luar hari Ahad, maka kita bisa mencapai 86 persen dan itu dapat melewati target 80 persen sebagaimana target nasional dan provinsi,” kata Indra Yasin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Rizal Yusuf Kune yang dihubungi terpisah mengungkapkan berdasarkan dashboard KPCPEN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional), realisasi vaksinasi Covid-19 di Gorontalo Utara telah mencapai 45,43 persen. Di mana, dosis I 31,26 persen, dosis II 14,16 persen, dan dosis III 0,001 persen. 

“Itu hitungan secara nasional. Sedangkan, 46,35 persen adalah hitungan riil di lapangan,” jelasnya. 

Dengan begitu, maka berarti masih ada data vaksinasi yang belum terinput di dashboard KPCPEN atau mungkin saja ada sasaran vaksinasi dari luar wilayah Gorut, tapi mengikuti vaksinasi di Gorontalo Utara. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar