Tuesday, 28 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Vaksinasi untuk Siswa Harus Persetujuan Orang Tua

Oleh Admin Hargo , dalam Headline Kab. Gorontalo Utara , pada Saturday, 28 August 2021 | 06:05 AM Tags: ,
  Ilustrasi. Vaksinasi di Gorontalo Utara bagi siswa harus persetujuan orang tuanya. (Foto: Istimewa/JawaPos.com)

Hargo.co.id, GORONTALO – Dinas Pendidikan Gorontalo Utara (Gorut) mengungkapkan jika 10.718 siswa usia remaja yang menjadi target vaksin Covid-19. Hanya saja, vaksin bagi siswa di Gorontalo Utara harus atas persetujuan orang tua. 

“Jika melihat dari sisi teknis, yang memenuhi persyaratan untuk divaksin, penyebaran siswa mulai dari SMP, SMA dan SMK. Jika melihat dari aspek usia yang harus divaksin yakni 12 tahun ke atas. Di Gorontalo Utara ada sebanyak 10.718 siswa,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan, Gorontalo Utara, Irwan A. Usman saat ditemui di ruang kerjanya. 

Tentunya dari jumlah tersebut, kata Irwan A. Usman, itulah yang menjadi target pihaknya dalam melaksanakan vaksinasi. Meski begitu, Irwan A. Usman menjelaskan, pihaknya tidak serta merta mewajibkan vaksinasi bagi siswa ini. Artinya, semua harus terlebih dahulu melalui prosedur yang ada. 

“Kita tetap melakukan tahapan dan prosedur sesuai administratif, yakni meminta persetujuan dari orang tua siswa,” ujarnya. 

Alasannya, tidak menutup kemungkinan ada beberapa pemahaman atau persepsi orang tua yang belum jelas tujuan ataupun azas manfaat dari vaksin itu. Sehingga bisa menimbulkan hal-hal yang bersifat negatif. 

“Oleh karena itu, untuk lebih memberikan persyaratan secara administrasi, walaupun kita punya target 10 ribu lebih itu, tetap kita harus meminta persetujuan dari orang tua,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 190 times, 1 visits today)

Komentar