Friday, 24 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Wagub Minta OPD Dilingkungannya Dukung Inventarisasi KIK

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Wednesday, 25 August 2021 | 23:05 PM Tags:
  Wagub Gorontalo H. Idris Rahim memaparkan materi pada kegiatan promosi dan diseminasi KIK secara virtual di ruang kerjanya di Gubernuran Gorontalo, Rabu (25/08/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Melalui sambungan virtual dari ruang kerjanya di Kantor Gubernuran, Wakil Gubernur Gorkntalo H. Idris Rahim mengikuti Kegiatan promosi dan desiminasi KIK yang dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo, Rabu (25/08/2021).

“Pimpinan OPD harus lebih responsif sekaligus memberikan data dalam mendukung inventarisasi KIK untuk dilindungi dan dilestarikan,” tegas Wagub.

Ia juga mengungkapkan, Gorontalo memiliki potensi KIK yang sangat banyak, tetapi yang tercatat pada aplikasi KIK Indonesia masih sangat minim. Salah satu yang sudah memiliki nomor pencatatan adalah ikan nike dan duwo dengan nomor SDG.01.2020.0000001.

“Yang lainnya seperti langga, polopalo, gula semut aren, serta anyaman bambu dan cokelat Boalemo belum bersertifikat. Selain itu tercatat ada lima budaya Gorontalo yang diakui oleh UNESCO, yaitu paiya lo hungolopoli, tuja’i, wonungo, tidi lo polopalo, dan pale bohu,” ungkap Wagub.

“Selain itu Idris Rahim juga menambahkan, kegiatan promosi dan diseminasi KIK sangat penting untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat untuk melindungi dan melestarikan KIK. Idris berharap, KIK dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan bangsa di masa pandemi Covid-19.

“Promosi dan diseminasi ini sangat penting agar tidak terulang lagi pengakuan negara lain terhadap budaya bangsa kita,” tandas Wagub.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo
(Visited 9 times, 1 visits today)

Komentar