Sabtu, 1 Agustus 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Wagub : Pendidikan TK Harus Diprioritaskan Dari Segi Penganggaran

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo , pada Rabu, 24 Juni 2020 | 19:05 WITA Tag:
  Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim saat memberikan sambutan pada peresmian gedung sekolah TK Alkhairaat di Kelurahan Dembe II, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo, Rabu (24/6/2020).


Hargo.co.id GORONTALO – Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) harus memperoleh prioritas utama khususnya dari segi penganggaran.

Ini sebagaimana penyampaian Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo Idris Rahim saat meresmikan gedung sekolah TK Alkhairaat di Kelurahan Dembe II, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo, Rabu (24/6/2020).

“Anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBD maupun APBN harus diarahkan untuk meningkatkan sarana prasarana dan kualitas pendidikan TK,” ujar Wagub.

BACA  Masuk Rumah Sakit, Keluarga Pasien Covid-19 Wajib Teken Surat Pernyataan

Permintaan Wagub ini cukup beralasan. Sebab, TK dan PAUD itu merupakan ‘pondasi’ awal lembaga pendidikan bagi peserta didik.

“Peserta didik TK dan PAUD itu adalah usia-usia emas. Pada jenjang ini anak-anak harus dididik karakter, akhlak dan moralnya,” tandas Wagub.

Gedung TK yang diresmikan tersebut merupakan hibah dari keluarga Kamardi Arif ke Pondok Pesantren Alkhairaat Kota Gorontalo. Guna menunjang proses pembelajaran, gedung yang terdiri dari lima ruangan belajar itu oleh pengurus Komisariat Daerah (Komda) Kota Gorontalo ditambah dengan aula, tempat wudhu, serta sarana bermain.

BACA  Sebanyak 8.000 Pohon Ditanam Guna Kembangkan Ekowisata di TNBNW

“Beberapa bulan lalu gedung ini diserahkan oleh pihak keluarga kepada Ketua Komwil Alkhairaat dan selanjutnya diteruskan ke Komda alkhairaat Kota Gorontalo. Selanjutnya kita benahi dan digunakan untuk TK,” tandas pengurus Komwil Alkhairaat Provinsi Gorontalo, Safroni Usman.

BACA  Pekerjaan Drainase Tak Selesai, Warga Bolihuangga Kebanjiran

Komda Alkhairaat Kota Gorontalo saat ini menyelenggarakan empat jenjang pendidikan, mulai dari TK, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, serta Madrasah Aliyah. Total siswa pada keempat jenjang pendidikan tersebut lebih dari 1.000 siswa.(adv/rwf/hg)


Komentar