Friday, 6 August 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Wakili Gorontalo Utara, Pontolo Ikut Lomba Desa Tingkat Provinsi

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Friday, 25 June 2021 | 00:05 AM Tags: ,
  Desa Pontolo, Kwandang saat dinilai untuk ikut dalam lomba desa tingkat Provinsi Gorontalo. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Setelah dinobatkan sebagai Desa Terbaik tingkat kabupaten, kini Desa Pontolo, Kwandang mewakili Gorontalo Utara (Gorut) di ajang yang sama untuk level provinsi 2021. Buktinya, tim penilai dari Provinsi Gorontalo mulai melakukan penilaian belum lama ini. 

Informasi yang berhasil dihimpun, penilaian dipimpin oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (PMK Dukcapil, Slamet Bakri. Ini merupakan agenda nasional yang telah ditetapkan berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 /2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan. 

Kegiatan lomba desa ini memiliki peran sebagai alat evaluasi dan penilaian sejauh mana tingkat perkembangan pembangunan atas usaha masyarakat desa. Serta mengetahui capaian hasil kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. 

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin mengungkapkan, keberhasilan Desa Pontolo untuk ikut pada Lomba Desa tingkat Provinsi Gorontalo, tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya, saat ini, Desa Pontolo merupakan satu dari dua desa di Gorontalo Utara yang kini masuk kategori desa mandiri. 

“Saya berharap hasil penilaian itu dapat memberikan yang terbaik bagi Desa Pontolo. Apalagi pada penilaian awal, nilainya cukup tinggi dan memenuhi persyaratan yang disyaratkan untuk suatu lomba desa,” kata Indra Yasin usai menghadiri pembukaan penilaian itu. 

Indra Yasin berharap Desa Pontolo bisa lolos ke tingkat regional dan nasional, seperti yang pernah ditorehkan Desa Tolinggula Tengah, Kecamatan Tolinggula pada 2019 yang lalu. Saat ini pemerintah Gorontalo Utara dan Desa Pontolo telah berupaya keras menyiapkan apa saja yang menjadi persyaratan-persyaratan. 

“Kita sudah melakukan upaya dalam meningkatkan kualitas pembangunan desa. Itu melalui bidang pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan kemampuan dan kemandirian masyarakat,” ungkap Indra Yasin.(abk/adv/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar