Rabu, 21 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Wakili Kaum Perempuan, Merlan Uloli Ingin Ukir Sejarah

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Kab. Bone Bolango , pada Selasa, 22 September 2020 | 23:05 WITA Tag: , ,
  Calon Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli (Kiri) saat pose bersama salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Tilong Kabila, Aja Hulangato. (Foto : Rendi Wardani Fathan/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Tidak banyak tokoh birokrat berani mengambil resiko meninggalkan jabatannya untuk berbuat lebih kepada masyarakat. Contohnya maju di Pilkada. Mereka akan berfikir panjang untuk mengambil resiko itu. Ya, sebelum meraih simpati warga, terlebih dahulu mereka harus melewati langkah awal yakni meyakinkan figur yang akan menjadi pasangan mereka dan parpol pengusung.

Calon Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli (Kiri) saat pose bersama salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Tilong Kabila, Aja Hulangato. (Foto : Rendi Wardani Fathan/HARGO)
Calon Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli (Kemeja Putih) foto bersama warga Desa Tamboo, Kecamatan Tilong Kabila. (Foto : Rendi Wardani Fathan/HARGO)

Tapi itu tidak dengan Merlan Uloli. Perempuan kelahiran Gorontalo dari kecamatan Kabila ini berani menanggalkan jabatannya sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Pemkot Jayapura hanya karena ingin mengabdikan diri untuk tanah kelahirannya lewat Pilkada Bone Bolango berpasangan dengan Hamim Pou.

BACA  DPRD Gorontalo Utara Usul Ruang Fiskal untuk Diskusi

“32 tahun saya di Jayapura. Merintis karir dari bawah sebagai aparat negara. Terakhir saya menjabat Kadis Dukcapil. Tapi saya rasa itu belum cukup untuk bagi warga Gorontalo, khususnya Bone Bolango. Sekalipun di sana (Jayapura) saya melayani mereka untuk mendapatkan administrasi kependudukan. Saya ingin lebih dari itu. Utamanya lagi, mengukir sejarah mewakili perempuan Gorontalo,” tegas bakal Calon Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli pada kegiatan sosialisasi di Desa Tamboo, Kecamatan Tilong Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Selasa (22/9/2020)

BACA  Ini Hasil Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Kabgor

Pilkada Bone Bolango 2010 silam, pernah ada Calon Bupati dari kaum perempuan, yakni Ruaida Mile. Namun, istri Bupati petahana saat itu tidak berhasil. Salah satu kegagalannya karena minimnya dukungan kaum perempuan.

BACA  Tiga Pengusaha Eksportir Ikan di Bone Pesisir Bergabung ke HPMU

Untuk itu, Merlan Uloli berharap perempuan Bone Bolango menggunakan kesempatan Pilkada kali ini untuk mendukung calon yang mewakili kaum hawa.

“Saya sudah merintis dari bawah. Kini tinggal dukungan ibu-ibu. Sudah saatnya ada Wakil perempuan dalam menentukan kebijakan pemerintah,” tandas Merlan.

Saat sosialisasi di Olohuta Utara, Merlan Uloli sempat memakaikan masker kepada salah satu peserta sosialisasi yang tidak menggunakan masker. (Foto : Istimewa)

Pada sosialisasi di Kecamatan Tilong Kabila kali ini, Merlan Uloli didampingi oleh para tokoh masyarakat, yakni Aja Hulangato, Yakub Tangahu, Niko Ilahude dan Anis Pikoli.(adv/rwf/hg)


Komentar