Jumat, 18 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Walau Sederhana, Wagub Gorontalo Tetap Rayakan Tumbilotohe

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Minggu, 9 Mei 2021 | 06:05 WITA Tag: , ,
  Wagub Gorontalo H. Idris Rahim bersama istri, mengikuti prosesi du’a moheupa zakati, yaitu doa bersama sebelum penyaluran zakat fitrah di rumah jabatan Wagub Gorontalo, Sabtu (08/05/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Pelaksanaan Tumbilatohe merupakan tradisi malam pasang lampu yang dilakukan oleh masyarakat Gorontalo mulai malam 27 hingga 29 Ramadan, namun pada tahun 2021 ini, Pemerintah Provinsi Gorontalo meniadakan festival Tumbilatohe pada bulan Ramadan 1442 Hijriah.

“Tahun ini tidak ada festival Tumbilatohe. Tujuannya untuk menghindari terjadinya kerumunan warga karena hingga saat ini kita masih dalam situasi pandemi COVID-19,” kata Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim usai menyalakan lampu botol di halaman rumah jabatan Wagub Gorontalo, Sabtu (08/05/2021).

BACA  Diresmikan Idah Syahidah, Kantor Baru Radio Suara RH Mulai Dimanfaatkan

Idris mengajak seluruh umat Islam di Gorontalo untuk memaknai Tumbilatohe dengan memperbanyak melaksanakan amal ibadah menjelang berakhirnya bulan suci Ramadan, termasuk menunaikan zakat fitrah. Menurutnya, selain sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah Swt serta membersihkan diri dan keluarga, menunaikan zakat juga memiliki hikmah untuk saling berbagi dengan sesama umat yang kurang mampu.

BACA  Bahas Peran Penting ASN, Dewan Pengurus Korpri Gorontalo Gelar Raker

“Utamanya di tengah pandemi Covid-19 saat ini, zakat fitrah diharapkan dapat membantu warga yang terkena dampaknya,” imbuhnya.

BACA  MenPAN-RB Mengusulkan Oknum ASN Terlibat Penjualan Vaksin Ilegal Dipecat

Perayaan Tumbilatohe di rumah jabatan Wagub Gorontalo diawali dengan du’a moheupa zakati, yaitu prosesi doa yang dipimpin oleh seorang imam sebelum penyaluran zakat fitrah oleh Wagub Idris Rahim bersama keluarga.(zul/adv/hargo)


Komentar