Kamis, 30 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Warga Bone Bolango Terima Sertifikat Tanah Secara Gratis

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Kab. Bone Bolango , pada Senin, 13 Juli 2020 | 06:05 WITA Tag: , ,
  Bupati Bone Bolango Hamim Pou bersama Kepala Badan Pertanahan Nasional dalam kegiatan penyerahan sertifikat di Rudis Bandayo, Jumat (10/07/2020). (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Bertempat di rumah jabatannya De Bandayao, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Jumat (10/07/2020) menyerahkan sertifikat tanah kepada sejumlah warga yang mengikuti program Pendaftaran Tanah Sertifikat Lengkap (PTSL).

Kegiatan Penyerahan Sertifikat Untuk Rakyat Secara Virtual itu, juga turut dihadiri oleh Forkopimda Bone Bolango, Kepala Badan Pertanahan Nasional Bone Bolango Zufran Amuati, SH , Asisten II Tanwir Ali, Asisten III Iwan Mustafa, para kepala OPD dan perwakilan masyarakat yang menerima secara simbolis sertifikat melalui program PTSL.

BACA  Pastikan Kelayakan Hewan Kurban, di Bone Bolango Dibentuk Tim Pengawas

Di kegiatan itu Hamim Pou menjelaskan, dari sekitar 80 ribu bidang tanah di Bone Bolango, masih sekitar 34 ribu yang belum bersertifikat, olehnya itu Badan Pertanahan Nasional Bone Bolango tahun ini menargetkan 2.000 sertifikat untuk diserahkan ke masyarakat.

“Jika sudah bersertifikat maka amanlah tanah kita, bisa menambah aset, dan tentu bisa jadi agunan pinjaman di bank,”jelas Hamim Pou.

Lebih lanjut Hamim Pou menyampaikan, dimana penyerahan sertifikat tanah ini sangatlah penting bagi masyarakat Bone Bolango.

BACA  Wagub Minta, LPTQ Persiapkan Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi

“Mengingat wilayah kita sekitar 16,5 persen dari luasan Provinsi Gorontalo yang terdiri dari 165 Desa dan Kelurahan, akan tetapi hampir 70 persen masih berada di kawasan hutan TNBW. Dengan adanya sertifikat tanah ini kiranya dapat meningkatkan manfaat tanah, karena bisa dijadikan kelengkapan persyaratan untuk mendapatkan modal usaha,”ujar Hamim Pou.

Dalam kesempatannya Kepala Badan Pertanahan Nasional Bone Bolango Zufran Amuati, SH mengatakan, pelaksanaan PTSL 2020 di Kabupaten Bone Bolango mendapatkan target sertifikat hak atas tanah sebanyak 2.000 bidang tanah, dan sampai saat ini sebanyak 1.372 bidang telah selesai serta akan dibagikan ke masyarakat yang secara simbolis akan diterima oleh 5 orang penerima sertifikat.

BACA  Pemprov Gorontalo Segera Siapkan Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

“Penyelesaian PTSL di kantor Pertanahan Bone Bolango secara umum telah berjalan baik dan lancar. Hari ini sebanyak 1372 sertipikat hak atas tanah telah selesai dan 5 diantaranya akan diserahkan langsung secara simbolis, sementara 1.367 bidang lagi akan diserahkan langsung setelah kegiatan selesai,”pungkas Zufran Amuati, SH.(zul/adv/hg)


Komentar