Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Warga Gorontalo Diminta Waspada Datangnya Badai Siklon

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Rabu, 14 April 2021 | 19:05 WITA Tag: , ,
  Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kiri,tengah) mengecek kesiapan sarana prasarana kebencanaan pada apel gelar kesiapsiagaan bencana di halaman Mapolda Gorontalo beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Berlangsung secara daring, Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo H. Idris Rahim mengikuti rapat koordinasi dalam rangka persiapan langkah strategis dalam penanggulangan badai Siklon, Rabu (14/04/2021).

Dalam rapat yang turut diikuti oleh Kapolda Gorontalo dan Danrem 133 Nani Wartabone itu, Wagub mengingatkan warga masyarakat untuk selalu waspada akan datangnya badai siklon.

“Bagi masyarakat yang tinggal di lembah sungai, lereng rawan longsor, serta yang tinggal di tepi pantai agar selalu waspada dan diimbau sementara waktu agar menjauh dari lokasi wilayah resiko tinggi tersebut, termasuk menjauh dari pohon atau tegakan yang mudah runtuh,” kata Idris.

BACA  Beasiswa JKK dan JKM Mulai Disalurkan di Gorontalo 

Guna menghindari terjadinya korban badai Siklon, Idris menuturkan bahwa Pemprov Gorontalo bersama TNI dan Polri akan selalu melakukan koordinasi lintas sektor untuk menyiapkan sumber daya manusia, logistik, serta sarana dan prasarana untuk penanganan keadaan darurat. Idris juga menginstruksikan tim siaga bencana melalui koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo untuk memantau kondisi lingkungan dan gejala awal terjadinya banjir bandang, longsor, angin kencang maupun gelombang tinggi.

BACA  Berlangsung Secara Virtual, Jajaran Pemprov Gorontalo Ikuti Musrembangnas

Prediksi BMKG dampak badai Siklon yang akan terjadi di wilayah Provinsi Gorontalo dalam 72 jam ke depan, di antaranya gelombang tinggi mencapai satu hingga dua meter di perairan utara Gorontalo, serta potensi hujan lebat di sejumlah wilayah.

BACA  2022, RKPD Provinsi Gorontalo Fokus pada Penanganan Covid-19

“Saya minta tingkatkan kewaspadaan dan koordinasi seluruh instansi kebencanaan. Sebarluaskan informasi prediksi BMKG tentang badai Siklon ini secara masif agar masyarakat memperoleh informasi yang benar dan bukan hoaks, sehingga mereka sejak dini bisa mengantisipasi terjadinya bencana,” tandas Wagub Idris Rahim.(zul/adv/hargo)


Komentar