Jumat, 20 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Warga Jadi Korban Peredaran Uang Palsu, Ini Reaksi Bupati Bone Bolango

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Bone Bolango , pada Jumat, 28 Januari 2022 | 16:05 Tag: , ,
  Bupati Bone Bolango, Hamim Pou. (Foto: Rita Setiawati/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Peredaran uang palsu kembali terjadi di Gorontalo. Belum lama ini korban peredaran uang palsu menimpa dua warga Bone Bolango. Itulantas memantik reaksi Bupati Bone Bolango, Hamim Pou dan meminta warga harus berhati-hati jika melakukan transaksi. 

“Harus berhati-hati ketika melakukan transaksi. Pastikan uang itu asli atau tidak. Kalau masyarakat menemukan atau curiga uang itu palsu, bisa datang langsung ke bank untuk memastikan. Bisa juga melaporkan hal tersebut ke Kepolisian untuk ditindaklanjuti,” kata Hamim Pou, kamis (27/01/2022).

Masih pada kesempatan yang sama, Hamim Pou menegaskan bahwa masyarakat harus selalu waspada karena kejahatan zaman sekarang ini makin luar biasa. Banyak cara dan modus yang dilakukan oleh pelaku untuk melancarkan kejahatannya.

Perlu disampaikan bahwa beberapa hari lalu, telah beredar uang palsu di Bone Bolango. Korban merupakan pedagang di Desa Ayula Utara, Kecamatan Bulango Selatan yakni Wisna Umar (56) seorang pedagang telur dan Ely Jafar (66) seorang pedagang kue. Mereka awalnya menerima pecahan uang sebesar Rp 100 ribu dari pelaku tanpa curiga jika uang tersebut adalah uang palsu.

Pelaku sengaja menargetkan Lansia sebagai korbannya karena dengan alasan mereka kurang teliti dalam melihat uang palsu atau asli.

Modus pelaku yakni membelanjakan uang pecahan Rp 100 ribu tersebut kemudian meminta kembalian uang asli dari kedua pedagang tersebut. Setelah mengetahui uang yang dimiliki kedua pedagang tersebut adalah uang palsu, mereka langsung melaporkan hal tersebut ke Kepolisian setempat. (***)

 

Penulis: Rita Setiawati

(Visited 36 times, 1 visits today)

Komentar